uefau17.com

Saat Eropa Berjuang Atasi Krisis Energi, Ternyata Ini Sebab Pasokan Energi Asia Masih Relatif Baik-baik Saja - Bisnis

, Jakarta - Ketika Eropa berjuang dengan kekurangan listrik yang mengarah ke krisis energi, pasokan listrik di Asia-Pasifik dipastikan tetap aman. Ternyata itu karena kawasan ini masih menggunakan banyak batu bara.

Seperti diketahui, Eropa saat ini sedang berjuang dengan kekurangan gas karena Rusia memotong pasokannya, memaksa banyak negara mengalami krisis energi menjelang musim dingin. National Grid di Inggris juga telah memperingatkan kemungkinan pemadaman listrik.

Dilansir dari CNBC International, Jumat (21/10/2022) kepala strategi energi S&P Global Atul Aryal mengatakan, meski krisis di Eropa dan perang Rusia-Ukraina telah mendorong kenaikan harga minyak dan gas secara global, hal itu tidak merugikan pembangkit energi di Asia.

"Di Asia, alih-alih menggunakan gas, negara-negara menggunakan batu bara karena batu bara ada di sini, batu bara domestik dan lebih murah," ujar Arya kepada CNBC.

"Kelemahannya adalah, di Asia, yang meningkatkan konsumsi gas, telah berhenti, setidaknya untuk saat ini," lanjut dia. Berbeda dengan Eropa, gas kurang relevan di Asia.

Di Asia, gas hanya membentuk 11 persen dari campuran daya dan LN gas impor merupakan bagian kecil, dengan sebagian besar berasal dari produksi dalam negeri, kata kepala penelitian energi dan energi terbarukan Asia Pasifik di Wood Mackenzie, Alex Whitworth.

Batubara mengambil porsi yang lebih besar dalam sumber listrik, meskipun sudah mulai menurun, Whitworth menambahkan. Pangsa batubara dalam pembangkit listrik untuk pasar Asia-Pasifik pun melebihi 60 persen.

 Secara terpisah, impor LN gas di Asia telah menurun karena harga yang tinggi.

Menurut laporan gas terbaru dari Badan Energi Internasional (IEA), impor LN gas jangka pendek di Asia turun 28 persen dalam delapan bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu. Impor LN gas di Asia, secara keseluruhan turun 7 persen year-on-year.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penurunan Impor LN Gas di Asia

Impor ke China, yang merupakan importir LN gas global terbesar juga turun paling banyak sebesar 59 persen. Adapun penurunan impor LN gas di Jepang, Pakistan dan India yang masing-masing sebesar 17 persen, 73 persen dan 22 persen, ungkap IEA.

Badan tersebut menjelaskan bahwa harga tinggi bukan satu-satunya faktor yang menghalangi pembeli China, tetapi juga ekonomi negara yang melambat, suhu musim dingin yang lebih ringan, dan produksi gas serta batu bara dalam negeri yang kuat.

Faktor-faktor ini telah membuka peluang untuk lebih banyak penggunaan batu bara di Asia, di tengah upaya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Misalnya, Korea Electric Power Corporation telah mulai menggunakan lebih banyak batu bara dalam beberapa bulan terakhir, menurut Institute for Energy Economics and Financial Analysis.

Perusahaan tersebut menggunakan sekitar 26 persen lebih banyak batu bara pada Juli 2022 dibandingkan dengan bulan sebelumnya, tetapi jumlah itu masih lebih rendah dari volume yang digunakan tahun lalu, menurut data dari IEEFA.

"Data KEPCO menunjukkan bahwa pembangkit listrik batu bara dan LN gas telah turun sejak Mei sebagai akibat dari harga yang tinggi dari tahun ke tahun. Namun, ada peningkatan yang jelas dari bulan ke bulan pada pembangkit listrik tenaga batu bara"  kata analis keuangan energi IEEFA, Ghee Peh. 

Hal ini mengikuti bahwa Korea — yang, seperti Jepang, menggunakan lebih banyak gas daripada pasar Asia lainnya — sehingga sampai batas tertentu, harus bersaing untuk gas terbatas seperti Eropa.

Tetapi, karena ketersediaan pasokan domestik, mereka lebih aman daripada Eropa, tambah Whitworth.

Dengan kata lain, ketergantungan Asia pada batu bara dan ketergantungan yang relatif lebih rendah pada impor gas menunjukkan bahwa kawasan itu memiliki ketahanan energi yang lebih tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat