uefau17.com

Tiga UMKM Terpilih di AKI 2022, Dapat Bantuan Modal Hingga Rp 200 Juta - Bisnis

, Jakarta Tutup pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, sebanyak tiga peserta atau pelaku UMKM terpilih mendapat bantuan modal hingga ratusan juta rupiah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, mekanisme program AKI yang mendorong pelaku UMKM berkompetisi melalui ajang audisi diharapkan akan melahirkan UMKM juara yang punya daya saing tinggi menghadapi berbagai situasi sulit.

"Dan ini tentu sesuai dengan apa yang Pemerintah targetkan, yakni pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Indonesia, sebanyak 62 persen telah terdaftar di e-commerce,"ujar Sandiaga Uno, Minggu malam (9/10/2022), saat penutupan pameran AKI 2022.

Potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp 500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM.

Oleh karena itu kementerian terus mendorong peran dari UMKM dengan peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Salah satunya adalah melalui digitalisasi yang akan meningkatkan peluang pegiat UMKM dalam memperluas pasar dan pencapaian bisnis mereka.

"Untuk mencapai tujuan kolektif ini, saya tekankan pentingnya upaya menyatukan peran pemerintah dan swasta, dalam kesempatan ini Shopee, untuk bersinergi dengan baik," katanya.

Shopee pun menyerahkan bantuan modal kepada tiga UMKM terpilih, yakni terbaik ketiga mendapatkan bantuan modal usaha Rp 25 juta, peserta UMKM terbaik kedua mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp 50 juta dan Rp 100 juta untuk bantuan modal usaha UMKM terbaik pertama.

Penilaian pun dilakukan selama berlangsungnya AKI 2022 di 16 kota dan kabupaten, dengan penilaian murni dilakukan oleh keduabelah pihak, Shopee dan Kemenparekraf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan ke UMKM

Sementara, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menegaskan dukungan platform tersebut untuk era digitalisasi UMKM, termasuk di sektor ekonomi kreatif.

Kerja sama dengan AKI ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal untukperkembangan bisnisnya secara optimal

Tak tanggung, pekan ini pihaknya akan meresmikan kampus UMKM Shopee Ekspor Bali.

“Minggu ini kami meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali dan juga mendukung penyelenggaraan World Conference on Creative Economy 2022, untuk terus mendukung industri ekonomi kreatif dan UMKM Bertumbuh," ujar Ade Mulya. (Pramita Tristiawati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat