uefau17.com

NIK Masih Berstatus Mahasiswa, Jangan Harap Keterima Program Kartu Prakerja - Bisnis

, Jakarta - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari buka suara terkait penyebab utama banyaknya pendaftar yang tidak terpilih menjadi penerima Kartu Prakerja. Kendati mereka tergolong rajin untuk mengikuti pendaftaran di setiap gelombang pembukaan.

Menurutnya, persoalan NIK, saat ini masih menjadi dalang atas kegagalan pendaftar program Kartu Prakerja. Misalnya, NIK yang masih terdaftar aktif di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebabkan pendaftar dianggap masih berstatus sebagai mahasiswa sehingga tidak layak untuk menjadi penerima program Kartu Prakerja.

"Karena kami menggunakan pendekatan customer first, jadi kami mendengar suara dan keluhan temen-temen. Ada banyak yang bertanya kenapa saya mendaftar (Kartu Prakerja) berkali-kali tapi tidak berhasil. Nah, jadi temen-temen kami akan berikan informasi, barang kali NIK nya teman-teman masih tercatat, misalnya saja di Kementerian Pendidikan. Kalau seperti itu artinya temen-temen statusnya masih dianggap aktif," terangnya dalam Dialog Produktif Rabu Utama bertajuk Perkembangan Program Kartu Prakerja, Rabu (10/3).

Oleh karena itu itu, dia meminta kepada seluruh calon pendaftar program Kartu Prakerja yang merasa telah lulus kuliah agar segera menghubungi pihak perguruan tinggi untuk memastikan update data NIK berjalan dengan baik. Sehingga dipastikan layak memenuhi ketentuan penerima Kartu Prakerja.

"Jadi, mohon kesabaran temen-temen semua. Dan kami informasikan bahwa Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja hanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan yang tersedia di kementerian/lembaga, sedangkan yang terkait validitas temen-temen semua itu ada di kementerian/lembaga terkait yang mengelola kepemilikan data tersebut," katanya.

Sulaeman

Merdeka.com

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Ketinggalan, Kartu Prakerja Gelombang 14 Dibuka Kamis 11 Maret 2021 Besok

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengumumkan bahwa gelombang ke 14 akan dibuka pada Kamis siang (11/3). Kabar baik ini disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

"Bahwa besok pukul 12.00 WIB siang akan dibuka gelombang ke 14 Kartu Prakerja," tegasnya dalam Dialog Produktif Rabu Utama bertajuk Perkembangan Program Kartu Prakerja, Rabu (10/3).

Denni menambahkan, jika nantinya pada Kartu Prakerja gelombang 14, pihaknya akan memperbaiki fitur dashboard pada laman prakerja.go.id. Adapun fitur baru tersebut lebih bersifat transparansi.

"Kami berusaha memperbaiki fitur-fitur, yaitu (khususnya) untuk temen-temen yang tidak lolos akan diperbaiki informasinya di dashbord, alasan kenapa temen-temen tidak berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap para peminat program Kartu Prakerja tetap antusias untuk mau mencoba mendaftar kembali. Menyusul adanya perbaikan fitur untuk transparansi.

"Jadi, buat sobat Kartu Prakerja yang belum berhasil di gelombang ke 12 atau 13 jangan berkecil hati. Temen-temen cukup satu kali klik yaitu join batch 14 untuk kemudian bisa bergabung pada seleksi gelombang ke 14 nanti," ucap dia menekankan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat