uefau17.com

Bijak Kelola Keuangan Biar Akhir Bulan Tidak Gigit Jari - Bisnis

, Jakarta Banyak yang bilang pandemi membuat sebagian orang lebih hemat dalam mengatur keuangan. Sebaliknya, ada pula mereka yang tetap boros karena membeli barang secara online saat di rumah. Memang, mengatur uang bukanlah pekerjaan mudah. Seringkali, uang terpakai habis untuk hal-hal yang tidak perlu dan pos tabungan tidak terisi.

Jika tidak dikelola dengan baik, bisa saja akhir bulan kamu harus gigit jari. Uang habis tak karuan akan membuat masalah nantinya. Seharusnya bisa membeli hal yang dibutuhkan malah membeli barang yang sesuai keinginan.

Agar tidak membuat kantong jebol saat akhir bulan. Dilansir liputan6 berikut tips mengelola keuangan dengan baik.

Prioritaskan biaya bulanan

Kamu perlu mencatat beberapa hal yang merupakan biaya yang wajib dikeluarkan setiap bulan. Mulai dari sewa kontrakan, pulsa, listrik, service kendaraan dan asuransi. Setelah itu sisihkan untuk keperluan tersebut. jika sudah, uang yang disisihkan jangan diganggu gugat.

Sisa uangnya, bisa kamu simpan dengan baik. Triknya, dari biaya bulanan tersebut apakah ada yang bisa dikurangi. Sebagai contoh, jika seadanya motor jarang digunakan, kamu bisa sisihkan uang servis untuk keperluan lainnya.

Hindari beli yang tidak penting

Kecenderungan seseorang saat work from home adalah membeli barang atau sesuatu yang tidaklah penting. Padahal, barang tersebut tidak penting malah membuat uang terbuang percuma. Sia – sia kan.

Nah, maka dari itu jauhkan jari kamu terhadap pembelian barang yang tidak penting. Ingat, selama pandemi ini kita diimbau untuk berhemat. Harusnya selama di rumah saja, hemat menjadi hal perlu dilakukan lho.

Menabung

Hal ini adalah imbauan yang sering dikatakan oleh orang banyak. Dengan menabung membuat cash flow kita lebih baik. Jika ada kebutuhan yang mendadak atau kamu ingin membeli sesuatu bisa menggunakan tabunganmu ketimbang harus memotong pengeluaran wajib.

Nah, dengan menabung tidak ada lagi ‘susah’ di akhir bulan. Kamu bisa tetap menjalankan aktivitasmu dengan baik dan benar.

Lagi pula, jika memang mepet kamu bisa menggunakan aplikasi yang memiliki fitur Paylater. Dengan fitur itu, kamu bisa melakukan kredit individu yang terintegrasi secara seamless dengan pengalaman berbelanja di platform e-commerce.

Namun, jangan asal pilih aplikasi yang memiliki fitur Paylater. Cermati dulu tentang fitur tersebut. Mulai dari biaya bulanan sampai berapa persen bungannya.

Kalau sudah begitu, kamu aman dari akhir bulan yang mencekik.    

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat