uefau17.com

8 Tips Mengatur Keuangan di Tahun Baru China 2019 - Bisnis

, Jakarta - Sudah siap merayakan Imlek tahun ini? Tahun 2019 merupakan tahun babi yang merepresentasikan kekayaan dan kemakmuran. Tahun babi merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengelola keuangan Anda lebih baik dengan beberapa strategi.

Dilansir dari moneysmart.gov.au, Senin (4/2/2019), berikut adalah 8 tips mengatur keuangan saat Imlek bagi Anda:

1. Fokus Menetapkan Tujuan Keuangan

Anda pasti memiliki tujuan tertentu dalam menabung, bukan? Entah itu untuk membayar tagihan agar kredit cepat selesai, entah itu untuk menimbun kekayaan atau mempersiapkan dana hari tua.

Fokuslah kepada satu tujuan keuangan yang paling Anda prioritaskan, jika telah selesai Anda dapat menetapkan tujuan yang lainnya, dan seterusnya.

2. Kontrol Keuangan Anda

Mengontrol keuangan atau budgeting memang tidak semudah kelihatannya. Namun cara ini efektif untuk menekan perilaku konsumerisme saat Imlek berlangsung.

Buat skala prioritas dan tekan pengeluaran seminim mungkin (jika tidak terlalu mendesak).

3. Buat Kalender Finansial

Anda pasti memiliki beberapa tagihan, mulai dari tagihan kecil seperti air dan listrik hingga cicilan rumah atau kendaraan. Anda juga mungkin memiliki rencana untuk memberi kado Imlek pada kerabat, memberi donasi kepada yang membutuhkan, dan sebagainya.

Anda dianjurkan memanfaatkan kalender, entah itu di smartphone atau kalender manual yang Anda miliki.

Kalender finansial akan membantu Anda mengawasi pengeluaran yang mungkin tidak Anda sadari (di luar tagihan).

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ubah Kebiasaan Belanja

Jika Anda biasanya boros dalam belanja, maka di Tahun Babi ini, alangkah lebih baiknya jika Anda mengubah kebiasaan belanja Anda sedikit demi sedikit.

Anda bisa meminimalisir penggunaan kartu kredit untuk hal yang tidak perlu, berhenti berlangganan keanggotaan online yang jarang digunakan, hingga membawa bekal ke kantor daripada membelinya di luar.

5. Pantau Kemajuan Anda

Cek kemajuan penghematan Anda secara berkala untuk melihat sejauh mana Anda telah membuat perubahan pada rencana keuangan Anda. Anda bisa melacaknya secara manual dari catatan keuangan Anda dari awal hingga akhir.

Jika ingin, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi smartphone seperti Money Tracker, Track My Spend dan lainnya. Selain lebih praktis, Anda juga tidak perlu repot menulis catatan keuangan secara terpisah.

6. Bersihkan Rumah Anda (Beserta Tagihannya!)

Membersihkan rumah merupakan salah satu tradisi Imlek. Anda juga bisa ‘membersihkan’ tagihan rumah Anda dengan berbagai strategi, seperti menegosiasikan bunga pinjaman, membandingkan fitur dengan peminjam suku bunga yang lain hingga mencari pinjaman yang lain, dengan bunga yang lebih kecil tentunya.

 

 

3 dari 3 halaman

7. Rencanakan Dana Pensiun Anda

Anda tidak pernah terlalu dini untuk merencanakan dana hari tua Anda. Sangat disarankan untuk mengambil asuransi hari tua seperti Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Anda juga dapat menggunakan asuransi lain dengan premi yang masuk akal tentunya.

8. Berinvestasi dengan Cerdas

Investasi tidak didasarkan pada keberuntungan. Investasi yang berhasil didasarkan pada perencanaan, riset dan kemampuan memahami tentang investasi yang dilakukan untuk membantu memaksimalkan posisi keuangan.

Jangan asal investasi pada sesuatu yang tidak Anda pahami hanya karena tergiur dengan keuntungannya saja. Bila perlu, manfaatkan jasa penasihat keuangan untuk membantu Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat