uefau17.com

Dekranas dan Kemenperin Gelar Pameran Kain Tenun Nusantara - Bisnis

, Jakarta - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar pameran 'Gelaran Produk Kerajinan Dekranas' yang kelima di Plaza Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan. Pameran kali ini mengangkat tema Peningkatan Citra Tenun Indonesia sebagai Warisan Budaya Bangsa.

Menteri Perindutrian, MS Hidayat mengatakan, digelarnya pameran ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam negeri yang semakin meningkat sekitar 7% tiap tahunnya.

Menurut Hidayat, industri kreatif saat ini memiliki peran strategis karena mampu memberikan sumbangan yang cukup besar bagi perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari jumlah industri kecil menengah (IKM) pada 2013 mencapai 3,4 juta IKM. Dengan jumlah tersebut, mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 10,3 juta orang.

"Dari jumlah itu juga mampu memberikan kontribusi terhadap nilai ekspor sebesar US$ 19,579 juta," ujar Hidayat saat memberikan sambutan di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (6/5/2014).

Dia menjelaskan, kain tenun merupakan salah satu karya budaya yang diproduksi di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, termasuk Bima, Sumbawa dan lainnya.

"Tenun ini memiliki makna, nilai sejarah, teknik yang tinggi dari segi warna, motif, jenis bahan maupun benang yang digunakan dan pada setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing," katanya.

Pameran ini menampilkan produk-produk tenun dari 45 IKM binaan Dekranas dari berbagai wilayah seperti DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Papua, NTT, NTB, dan lain-lain.

Gelaran Produk Kerajinan Dekranas ini berlangsung selama 4 hari yaitu 6-9 Mei 2014 mulai pukul 09.00-17.00 di Plaza Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan.

Hadir dalam pembukaan pameran ini Herawati Boediono, Linda Amalia Sari Gumelar, Bianca M. Lutfi, Okke Hatta Rajasa, Veronica Basuki Tjahja Purnama dan Mufidah Jusuf Kalla.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat