uefau17.com

Elon Musk Ancam bakal Blokir Perangkat Apple jika OpenAI Masuk ke dalam Sistem Operasi - Tekno

, Jakarta - Elon Musk mengatakan akan melarang atau memblokir Apple di perusahaannya jika pembuat iPhone itu mengintegrasikan OpenAI ke dalam sistem operasi.

"Itu adalah pelanggaran keamanan yang tidak dapat diterima," cuit Musk, yang merupakan CEO Tesla dan juga media sosial X.

“Pengguna harus sering memeriksa perangkat Apple, di mana perangkat tersebut akan disimpan di sangkar Faraday (ruang tertutup),” sindir Elon Musk ke Apple.

Terkait pernyataan Elon Musk tersebut, baik Apple maupun OpenAI belum memberikan komentar.

Apple sendiri baru saja mengumumkan serangkaian fitur AI (Apple Intelligence) di seluruh aplikasi dan platform-nya serta kemitraan dengan OpenAI untuk menghadirkan teknologi ChatGPT di perangkat (iPhone, iPad, dan Mac).

Apple mengklaim telah membangun AI dengan privasi yang ketat, di mana akan menggunakan kombinasi pemrosesan pada perangkat dan komputasi awan (cloud computing) untuk mendukung fitur-fitur tersebut.

"Sangat tidak masuk akal bahwa Apple tidak cukup pintar untuk membuat AI mereka sendiri, namun mampu memastikan bahwa OpenAI akan melindungi keamanan dan privasi Anda!," kata Musk di X.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apakah Komputasi Awan Aman?

Menurut CEO perusahaan konsultan Creative Strategies, Ben Bajarin, kecil kemungkinan ada orang yang akan mengikuti jejak Musk--seraya menambahkan bahwa Apple berusaha mendidik masyarakat bahwa cloud pribadi sama amannya dengan menyimpan data di perangkat.

"Apa yang (Apple) coba tambahkan ke dalam narasinya adalah ketika (data) keluar dan masuk ke cloud pribadi yang aman, hal serupa juga menyebabkan anonimisasi data pengguna dan firewall informasi tersebut kepada pengguna," dia berkata.

Musk telah menggugat OpenAI, yang ia dirikan bersama pada tahun 2015, dan CEO-nya Sam Altman pada awal Maret, dengan mengatakan mereka mengabaikan misi awal startup tersebut untuk mengembangkan AI demi kepentingan kemanusiaan dan bukan demi keuntungan.

Elon Musk juga mendirikan startup-nya sendiri, xAI, dalam upaya untuk menantang OpenAI dan membangun alternatif dari chatbot ChatGPT yang sedang viral.

3 dari 5 halaman

Apa Itu Apple Intelligence? Berikut Fitur beserta Daftar Perangkat yang Kompatibel

Apple memperkenalkan serangkaian fitur kecerdasan buatan yang disebut 'Apple Intelligence' pada konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC), 10-14 Juni 2024.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengintegrasikan kemampuan kecerdasan buatan (AI) ke dalam sistem operasi Apple, dengan fokus pada peningkatan pengalaman pengguna melalui fitur-fitur seperti pengeditan foto yang ditingkatkan, kontrol Siri yang diperluas, serta ringkasan dan respons yang dihasilkan AI.

Lantas, apa itu Apple Intelligence? Mengutip ZDNET, Senin (10/6/2024), Apple Intelligence adalah fitur AI terbaru yang hadir di sistem operasi besutan Apple, termasuk iOS, iPadOS, MacOS, dan WatchOS.

Apple Intelligence berfokus pada fitur AI dengan daya tarik luas dibandingkan pembuatan gambar dan video tingkat lanjut.

Untuk melakukan hal ini, perusahaan mengembangkan model AI internal dan bermitra dengan OpenAI untuk mendukung chatbot yang akan bekerja serupa dengan ChatGPT.

Deretan Fitur Apple Intelligence

Beberapa fitur AI yang diharapkan dari Apple Intelligence antara lain:

  • Pengeditan foto yang ditingkatkan, seperti penghapusan objek, dengan AI di Photos
  • Kontrol Siri yang lebih besar atas aplikasi dan tindakan, termasuk meminta Siri menghapus email atau mengedit foto
  • Pembuatan emoji khusus AI berdasarkan perintah teks
  • Menghasilkan rekap cepat catatan, rangkaian pesan teks, email, dan teks lainnya
  • Secara otomatis menyarankan tanggapan untuk email dan pesan
  • Aplikasi Mail yang ditingkatkan yang dapat mengkategorikan email dan menghasilkan pesan
  • Transkripsi otomatis memo suara
  • Peningkatan AI untuk Xcode untuk melengkapi kode secara otomatis
4 dari 5 halaman

Perangkat yang bakal Kebagian Apple Intelligence

Menurut laporan Bloomberg, fitur AI baru Apple akan kompatibel dengan perangkat Apple terbaru, termasuk iPhone 15 Pro atau model lebih baru, yang berjalan pada chip A17 Pro, serta iPad dan Mac dengan chip M1 atau lebih baru.

Meskipun fitur AI ini dapat membantu mendorong penjualan iPhone dan Mac baru, sebagai pemilik iPhone 14 Pro Max saat ini, banyak pengguna berharap setidaknya beberapa fitur akan beralih ke model iPhone lama.

Selain fitur AI ini, Bloomberg melaporkan iOS 18 akan menyertakan ikon baru yang dapat disesuaikan dan pembaruan antarmuka untuk Pusat Kontrol, Pengaturan, dan Pesan.

Apple juga diperkirakan akan meluncurkan aplikasi Password baru untuk menggantikan iCloud Keychain dan memberikan opsi yang lebih ramah pengguna, mirip dengan 1Password dan LastPass.

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (/Gotri/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat