uefau17.com

Gandeng IBM, Kominfo Buka Pendaftaran Startup Studio Indonesia hingga 17 Mei 2024 - Tekno

, Jakarta - Setelah meluluskan 132 startup dari 8 batch sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka gelombang pendaftaran Startup Studio Indonesia (SSI).

Pada tahun ini SSI hadir dengan bendera baru, SSI x IBM, hasil kolaborasi dengan raksasa teknologi global IBM.

Tak hanya membantu founder startup di Indonesia dalam mencapai product-market fit (PMF), program SSI 2024 juga membuka peluang bagi para startup tahap awal untuk menjadi Official Build Partner IBM dan mendapatkan eksposur ke jajaran klien serta ekosistem IBM.

Direktur Ekonomi Digital Kominfo, Boni Pudjianto, berharap kolaborasi terbaru SSI dengan IBM dapat membantu para startup untuk mencapai PMF, menciptakan model finansial yang berkelanjutan, dan memiliki rencana solid dalam pencapaian profitabilitas.

"Kami yakin materi ini akan bermanfaat bagi semua startup tahap awal, karena itu kami mengundang semua founder untuk berpartisipasi dalam program inkubasi nasional ini,” kata Boni melalui keterangan resminya, Rabu (15/5/2024).

Sementara Presiden Direktur IBM Indonesia, Roy Kosasih, menegaskan perusahaan akan membantu dan membina sejumlah startup untuk scale up.

"Mengingat rekam jejak SSI dan potensi digital Indonesia, kami siap membantu dan membina startup terpilih untuk scale up dan meningkatkan hasil bisnis," ujar Roy menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat dan Cara Mendaftar Program Inkubasi SSI x IBM

Pendaftaran SSI x IBM terbuka untuk semua startup digital Indonesia dengan prioritas utama untuk:

  • Startup yang beroperasi sebagai tech enabler
  • Startup dengan tahap pendanaan bootstrap hingga Seri A
  • Startup telah memiliki paid traction selama minimal 6 bulan
  • Startup yang tertarik untuk mengeksplorasi kerjasama dengan IBM dalam aspek pengembangan produk serta bisnis.

Founder yang tertarik untuk mengikuti program akselerasi bergengsi ini bisa mendaftarkan diri di situs resmi SSI (https://startupstudio.id/) paling lambat sebelum tanggal 17 Mei 2024.

 

3 dari 5 halaman

Mengikuti 2 Sesi Wawancara

Setelah mendaftar, startup akan diundang untuk mengikuti dua sesi wawancara.

Pada akhir Mei 2024, 20 startup dari hasil seleksi akan melakukan elevator pitch kepada dewan kurator, d imana kemudian dewan kurator akan memilih 10 startup yang paling relevan dengan struktur program SSI x IBM.

Setelah itu, 10 startup terpilih dapat mengikuti sesi Diagnosis dengan tim IBM untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, dan pengembangan produk dari masing-masing startup.

Hasil Diagnosis tersebut akan menjadi dasar pengembangan kurikulum sepanjang program SSI berlangsung.

 

4 dari 5 halaman

Program Akselerasi SSI Akan Dimulai Juni 2024

Program akselerasi SSI akan resmi dimulai pada akhir Juni 2024 dengan sesi Founder’s Camp, di mana startup bisa melakukan group coaching dengan jajaran praktisi startup terkemuka untuk mendiskusikan langkah-langkah pencapaian PMF.

Setelah itu, startup akan mengikuti sesi Co-Creation & Coaching yang meliputi brainstorming dengan tim IBM, Dewan Penasihat SSI, dan Expert Coach, untuk membahas secara detail aspek produk, keuangan, penjualan, dan pengembangan startup.

Rangkaian program SSI X IBM kemudian ditutup dengan Milestone Day, di mana para finalis berkesempatan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup.

5 dari 5 halaman

Infografis Hemat Energi (Hemat Energi di Rumah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat