uefau17.com

Akhirnya! Meta Akan Rilis Threads Versi Web Pekan Ini - Tekno

, Jakarta - Meta, perusahaan induk Instagram, Facebook, dan WhatsApp disebut-sebut akan merilils versi web dari Threads, dilansir The Wall Street Journal.

Threads versi web ini memang sudah lama dinanti oleh banyak pengguna, dan sempat dijanjikan akan diluncurkan setelah aplikasi media sosial itu diluncurkan awal Juli 2023.

Kemunculan Threads versi web ini diungkap secara langsung oleh bos Instagram, Adam Mosseri. Lewat akun Threads pribadinya, dia menjawab pertanyaan terkait versi web aplikasi milik Meta tersebut.

"Kami sedang mengerjakannya! Kami telah menggunakan versi awal Threads secara internal selama satu atau dua minggu," kata Adam Mosseri.

Dia juga menjelaskan, "Threads versi web saat ini masih perlu beberapa perbaikan sebelum akhirnya diluncurkan untuk semua orang."

Kehadiran Thread selalu dibanding-bandingkan dan disebut sebagai pesaing berat Twitter, dengan jumlah pengguna melampaui angka 100 juta dalam waktu singkat.

Saat diluncurkan, CEO Meta Mark Zuckerberg menjanjikan platform media sosial baru miliknya itu akan ditingkatkan dan ditambahkan fitur baru Threads di masa mendatang.

Salah satunya adalah fitur search atau pencarian di Threads. Saat ini, pengguna hanya bisa melakukan pencarian atau search username di platform media sosial pesaing X (sebelumnya bernama Twitter) tersebut.

Mark Zuckerberg menjanjikan, pencarian lebih baik akan siap diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang untuk pengguna Threads di berbagai negara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Fitur Baru Threads Diumumkan Mark Zuckerberg

Tampilan Threads, aplikasi Instagram besutan Meta untuk menyaingi Twitter (Tangkapan layar App Store)

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan beberapa fitur baru buat media sosial pesaing Twitter besutan Instagram, Threads.

Melalui unggahan di akun Threads-nya, Zuckerberg mengungkapkan bahwa ada tiga fitur baru yang bakal diluncurkan melalui pembaruan atau update untuk platform itu di pekan ini.

Mengutip unggahan itu, Kamis (10/8/2023), Mark Zuckerberg mengungkap, tiga fitur ini adalah mengirim langsung unggahan ke DM Instagram, teks alternatif kustom untuk foto atau video, dan tombol mention baru untuk menyebutkan akun seseorang.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan opsi yang memungkinkan dia bisa merilis postingan dari Threads mereka, secara langsung ke Direct Message (DM) Instagram melalui tombol Send.

Dikutip dari Engadget, Reuters melaporkan, Chief Product Officer Meta Chris Cox menyebut fitur ini merupakan salah satu cara untuk memastikan "orang-orang yang menggunakan aplikasi Instagram dapat melihat Threads penting."

Selain itu, opsi teks alternatif kustom adalah fitur aksesibilitas, yang memungkinkan pengguna menambahkan atau mengedit teks alternatif yang dibuat secara otomatis, untuk foto dan video sebelum mengunggah.

3 dari 4 halaman

Tombol Mention di Threads

Aplikasi Threads (/ Agustin Setyo W).

Fitur baru Threads lainnya adalah tombol mention baru, untuk memudahkan pengguna menyebutkan pengguna lain di unggahannya.

Lebih lanjut, Threads Instagram juga mempermudah verifikasi identitas di berbagai platform fediverse seperti Mastodon.

"Sekarang Anda dapat menambahkan tautan profil Threads Anda pada platform yang didukung, untuk memverifikasi identitas Anda," kata Head of Instagram Adam Mosseri melalui pengumumannya.

Threads memang beberapa waktu terakhir sedikit-sedikit mulai meluncurkan beberapa fitur baru.

Misalnya, fitur baru Threads untuk melihat postingan yang sudah disukai oleh pengguna melalui Settings, serta opsi untuk memilih antara tab For You dan Following.

Threads juga menambahkan fitur terjemahan otomatis, berdasarkan bahasa penulisannya dan pengaturan bahasa orang yang melihatnya.

Dimulai peluncuran beberapa fitur baru ini juga dalam rangka menggaet kembali pengguna Threads, setelah jejaring sosial itu sempat dikabarkan mengalami penurunan pengguna meski sempat bikin heboh di hari perilisannya.

4 dari 4 halaman

Threads Bakal Hadirkan Fitur Pencarian dan Web

<p>Aplikasi Threads dari Instagram kini telah tersedia dan bisa diunduh di Google Play Store. (/Agustinus M. Damar)</p>

Mark Zuckerberg juga sempat mengungkapkan Threads bakal kehadiran fitur baru berupa pencarian dan web untuk pesaing Twitter itu.

"Minggu yang baik untuk Threads. Komunitas di sini berada di jalur yang saya harapkan untuk membangun aplikasi jangka panjang yang dinamis," kata Zuckerberg melalui unggahannya di Threads.

"Banyak pekerjaan di depan tetapi saya bersemangat dengan kecepatan pengiriman tim. Pencarian dan web datang dalam beberapa minggu ke depan," imbuhnya, seperti dikutip Minggu (6/8/2023).

Versi web di desktop untuk Threads Instagram sendiri merupakan salah satu yang cukup banyak diminta oleh pengguna.

Mengutip The Verge, Adam Mosseri pun telah menjawab permintaan ini dengan menjawab "kami sedang mengerjakannya!" di beberapa unggahan pengguna.

Tentu saja, di samping itu, fitur Threads berupa "#" atau hashtag (tagar) seperti yang ada di Twitter, juga jadi salah satu yang banyak diminta oleh pengguna Threads.

(Ysl/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat