uefau17.com

Mau Ditinjau Jokowi, Video Jalanan Rusak di Lampung Diperbaiki ala Roro Jonggrang Jadi Cibiran Warganet - Tekno

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke provinsi Lampung, dengan rencana meninjau sejumlah titik jalanan rusak di Lampung yang sempat viral di berbagai platform media sosial.

Namun, Presiden Jokowi urung berkunjung ke Lampung pada 3 Mei 2023 dan memilih untuk melakukan kunjungan pada Jumat, 5 Mei 2023.

"(Presiden ke Lampung). Jumat," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Sebagai langkah menyambut kunjungan Presiden Jokowi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad langsung meninjau jalanan rusak di Provinsi Lampung tersebut.

Karena akan dilalui oleh orang nomor 1 di Indonesia, perbaikan jalanan di Lampung pun langsung dikebut semalam ala cerita rakyat Roro Jonggrang.

Sejumlah video yang memperlihatkan perbaikan jalan ala Roro Jonggrang yang dibagikan oleh akun Twitter @PartaiSocmed pun ramai dikomentari oleh warganet.

Mayoritas warganet di Tanah Air mencibir perbaikan jalan di Provinsi Lampung dengan metode kebut semalam, hingga mempertanyakan kenapa jalan tersebut baru diperbaiki setelah viral.

Berikut ini adalah cuitan warganet sebagaimana dirangkum dari platform media sosial Twitter.

"Ayo cepet cepet cepet ga kelar tepat waktu ga dapet bonus," kata @g****. Akun Twitter @A**** mencuit, "Roro jongrang kayanya minder sama proyek jalan ini."

Warga internet lainnya mempertanyakan kapan proses pengaspalan jalan di Lampung ini dilakukan dengan baik. "Kapan sih pengaspalan jalan di Lampung ini dilakukan dengan benar? Paling lama setahun, keguyur hujan deras dikit sudah muncul jeglongan dan kubangan baru lagi," tanya akun @j**** di platform media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet: Viral Dulu Baru Dikerjakan

Kumpulan Potret Jalan Rusak di Lampung, Warganet: Cocok untuk Orang yang Suka Tantangan (@fakta.indo/Instagram)

"Kalo liat caranya kaya gitu, ga bertahan lama pasti ambles lagi. Harusnya jalannya diratakan dulu baru diproses aspal atau dicor. Kalo sering buat lewat truk besar lebih baik dicor. Lebih awet," tulis akun @p**** di Twitter.

Pengguna akun @A**** menulis, "Viral dulu baru dikerjakan..lama² merasa fungsi pengawas pembangunan, kebijakan pemerintah (DPRD/DPR) nggak berfungsi..mendingan perbanyak nitijen yang kritis dan objektif di negeri ini."

"Perbaikan seadanya. Saluran air.nya nggak diperbaiki ya percuma. Air hujan bakal ngembeng aja di jalan. Gitu aja terus," tutur @p****.

Akun @f**** menulis, "Bandung Bondowoso pun salim nek ini..." Pengguna @A****, "Ngerjain nya asal rata atas itu tum, harus nya di buang dulu itu tanah jelek nya, dari sekian banyak ga ada yang ngawasin pekerjaan... Magabut itu orang Dinas.. tahu kan kenapa Indonesia ga. Maju² selama era reformasi makin jelek mutu pekerjaan...??.

3 dari 4 halaman

Jokowi Undur Jadwal Tinjau Jalan Rusak di Lampung

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan pentingnya vaksinasi mengingat kenaikan kasus COVID-19 yang terjadi beberapa hari terakhir. Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, dirinya tidak tahu alasan kunjungan Jokowi ke Lampung ditunda menjadi hari Jumat. Pasalnya, jadwal kunjungan Jokowi keluar daerah diatur oleh protokoler Istana.

Sementara itu, menyambut kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah jalan dan infrastruktur di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad sebelumnya telah meninjau lokasi yang hendak dikunjungi Presiden Jokowi.

Menurut informasi dari akun Twitter @PartaiSocmed, Presiden Jokowi akan melewati jalan-jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung, yang sebelumnya viral di medsos.

Akun ini juga mengunggah video dan foto lain yang memperlihatkan berbagai alat berat diturunkan ke lokasi jalan rusak yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, demi membuat jalanan di sana lebih baik.

"Alat berat sudah siap tempur agar kedatangan Presiden tidak terlalu malu-maluin," kata akun tersebut melalui keterangan di sebuah foto yang memperlihatkan deretan kendaraan alat berat.

4 dari 4 halaman

Warganet Cibir Gubernur Lampung yang Seolah Diprank

Jokowi memamerkan beragam keberhasilan dan target Indonesia dalam memacu hilirisasi dan industri hijau di pembukaan Hannover Messe 2023. (/Septian Deny)

Menanggapi berita mengenai jadwal kunjungan kerja Jokowi ke Lampung yang berubah jadi hari Jumat, 5 Mei 2023, warganet pun berkomentar, sebaiknya Jokowi sering mengunjungi daerah yang infrastruktur jalannya rusak agar dibangun oleh pemerintah setempat.

"Sering-sering begini, biar dibangun jalan sama pemerintah setempat," kata pengguna dengan akun @zep***.

Warganet lain menyebut upaya pemerintah setempat buru-buru membangun jalanan setelah ada kabar bahwa wilayah itu bakal ditinjau Presiden Jokowi adalah hal lucu.

"Sidak kok udah rame dari jauh hari, terus berita di Lampung panik bangun jalan udah di mana-mana, ada yang lebih lucu?" kicau @rid***.

Pengguna akun Twitter @sun*** mencibir upaya pemerintah Lampung yang telah berusaha keras mengaspal jalanan. "Mati-matian ngaspal, gak selesai. Selesai pun hasilnya sia-sia, hahahaha," katanya.

Pengguna internet lain pun menertawai upaya pemerintah Lampung yang buru-buru memperbaiki jalanan rusak tetapi presiden Jokowi justru mengundur tanggal kunjungan. "Di-prank gak tuh gubernur preman," kicau @md_***. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat