uefau17.com

Aiven Masuk ke Pasar Data Warehouse - Tekno

, Jakarta - Perusahaan open source cloud data platform Aiven merilis versi beta dari Aiven for ClickHouse. Perusahaan asal Finlandia itu mengumumkan produk terbarunya itu ajang konferensi pengembang tahunan perdana yang diadakan oleh Aiven bertajuk Uptime.

Melalui Aiven for ClickHouse, Aiven bermaksud memasuki pasar cloud data warehouse, yang akan memungkinkan pelanggan Aiven memanfaatkan open source columnar database untuk mengakses analitik berperforma tinggi. Pada akhirnya, pelanggan akan mendapatkan wawasan (insight) yang akan mendorong pengambilan keputusan bisnis penting.

"Kami sangat bersemangat memperkenalkan Aiven for ClickHouse Beta kepada pelanggan kami dan membuka akses ke teknologi open source terbaik yang pernah ada," ujar Heikki Nousiainen, CTO di Aiven dalam pernyataan resmi perusahaan.

Meskipun pelanggan Aiven menyukai penawaran database terkelola seperti PostgreSQL dan MySQL, menurut Heikki, saat volume data mereka mengalami pertumbuhan, mereka harus memasukkan data warehouse ke dalam seluruh strategi mereka. Dalam hal ini, ClickHouse akan menawarkan performa dan skalabilitas guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Dengan ClickHouse, sekarang kami bisa dengan lebih baik membantu pelanggan memanfaatkan data mereka menjadi infomasi yang bisa ditindaklanjuti untuk meningkatkan pemasukan dan keseluruhan produktivitas bisnis mereka," tutur Heikki.

Aiven for ClickHouse Beta pada dasarnya adalah cloud data warehouse yang sepenuhnya terkelola dan menyajikan analitik berperforma tinggi kepada Aiven.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Real-Time

Produk ini juga mampu menghasilkan laporan data analitik secara real-time menggunakan advanced query SQL. Sejumlah integrasi Aiven for ClickHouse Beta yang tawarkan mencakup:

  • Menjalankan federated query dari ClickHouse ke data di PostgreSQL tanpa mentransfer data.
  • Mengalirkan data dari beberapa sumber menggunakan Aiven for Kafka ke ClickHouse untuk mendapatkan analitik secara real time.
  • Memvisualisasikan wawasan yang dihasilkan oleh ClickHouse dari Aiven untuk Grafana.

Lorna Mitchell, Head of Developer Relations di Aiven, mengatakan bahwa melalui kolaborasi bersama para pendukung gerakan open source di ClickHouse, perusahaan menjalankan misi untuk memudahkan para pengembang sekaligus bekerja sama untuk mengembangkan komunitas open source yang lebih besar.

 

3 dari 3 halaman

Lintas Industri

"Aiven for ClickHouse Beta adalah penawaran yang secara langsung akan menghadirkan pengalaman developer yang memuaskan untuk memecahkan salah satu tantangan terbesar dalam platform data hari-hari ini," kata Lorna.

Selain itu, Lorna menyebut bahwa organisasi dan perusahaan dari berbagai industri, mulai dari lembaga keuangan global, hingga perusahaan transportasi, audio streaming dan layanan media, mengandalkan ClickHouse dalam memenuhi kebutuhan data warehouse mereka.

Aiven menargetkan ClickHouse untuk menyamai atau bahkan melampaui performa, kematangan, dan skalabilitas database proprietary. Dengan demikian, ClickHouse akan berkontribusi pada komunitas open source karena di dalam komunitas itu ada banyak developer yang berkomitmen menggarap proyek-proyek penting, termasuk Aiven for ClickHouse.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat