uefau17.com

Nicole Oliveira Jadi Astronom Termuda di Dunia - Tekno

, Jakarta - Nicole Oliveira, gadis cilik berusia 8 tahun ini baru saja mencatatkan sejarah sebagai astronom termuda di dunia.

Di usianya yang muda ini, gadis asal Brasil ini giat berburu asteroid di angkasa sebagai bagian dari program afiliasi dengan NASA.

Adapun Nicole mengambil bagian dalam proyek yang bernama Asteroid Hunters. Nicolinha--nama akrabnya--telah menemukan 18 asteroid, sebagaimana dilansir AFP, Minggu (3/10/2021).

Selain mencari asteroid, Nicole juga menghadiri berbagai seminar internasional dan bertemu dengan tokoh di bidang luar angkasa dan sains terkemuka.

"Saya akan memberi mereka nama-nama ilmuwan Brasil, atau anggota keluarga saya, seperti ibu atau ayah saya," kata gadis lincah.

Jika temuannya disertifikasi--memakan waktu beberapa tahun, Nicole akan menjadi orang termuda di dunia yang secara resmi menemukan asteroid, memecahkan rekor Luigi Sannino (Italia, 18 tahun).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Ada Minat Dari Kecil

Ilustrasi luar angkasa. (dok. Pixabay.com/Free-Photos)

"Ketika berusia dua tahun, dia mengangkat tangannya ke langit dan bertanya kepada saya, 'Bu, beri saya bintang,'" kata ibunya, Zilma Janaca, 43, yang bekerja di industri kerajinan.

"Kami mengerti hasrat untuk astronomi ini serius ketika dia meminta kami untuk sebuah teleskop sebagai hadiah ulang tahun saat usianya empat tahun. Saya tidak benar-benar tahu apa itu teleskop," tambah Janaca.

Soal ambisi, Nicolinha ingin menjadi insinyur aerospace. "Saya ingin membuat roket. Saya ingin pergi ke Kennedy Space Centre di NASA di Florida untuk melihat roket mereka," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Asteroid Hunters

ilustrasi luar angkasa Image by CharlVera from Pixabay

Disebutkan, program ini bertujuan untuk memperkenalkan kaum muda pada sains dengan memberi kesempatan membuat penemuan luar angkasa mereka sendiri.

Asteroid Hunters sendiri dijalankan oleh International Astronomical Search Collaboration, berafiliasi dengan NASA, dan bermitra dengan kementerian sains Brasil.

(Ysl/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat