uefau17.com

Makin Diminati Warga Sulbar, Pj Gubernur Bahtiar Tanam Pisang Cavendish di Pasangkayu - Regional

, Jakarta Masyarakat di pedesaan semakin bersemangat menyiapkan lahannya guna menanam pisang cavendish, seperti warga di Pasangkayu, Sulawesi Barat. Mereka menggarap lahan yang kosong untuk ditanami pisang cavendish, penanaman pisang tersebut disaksikan oleh Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Selasa (09/07/24).

Penanaman pisang cavendish ini berlangsung di Desa Makmur dan Desa Benggaulung Kecamatan Dapurang Pasangkayu. Sebelum ditanami pisang, tim pendamping yang terdiri dari PT Citra Aghri Pratama selaku offtaker dan penyedia bibit melakukan survey dan mendampingi warga, setelah diyakini bahwa lahan tersebut cocok barulah ditanami pisang. 

"Saya melakukan perubahan penanaman ke pisang cavendish. Apa lagi tanah saya memungkinkan untuk ditanami pisang. Saya juga membaca di internet dan dengar dengar dari orang. Semakin yakin setelah ada pendamping" ujar," Mursalim pemilik lahan. 

Menurut Mursalim, lahan yang ditanami ini sudah pernah dia tempati untuk bercocok tanaman jagung. Tetapi setelah mendapat kabar adanya budidaya pisang cavendis dari Pj Bahtiar, para petani di Desa Benggaulu mulai beralih ke pisang cavendish. 

Sementara itu, Kepala Desa Makmur Haeruddin sangat berterima kasih kepada Pj Bahtiar yang datang ke lokasinya untuk menemani warganya menanam pisang. Ini menandakan bahwa program tersebut benar benar akan dirasalan manfaatnya oleh warga. 

"Kedatangan Pj Gubernur sekaligus memberi keyakinan dan kepercayaan warga kami," tandas Haeruddin. 

Haeruddin menambahkan, warga di desanya telah banyak yang menyiapkan lahannya menanam pisang cavendish. Apalagi tim pendamping sudah masuk ke Pasangkayu untuk melakukan survey lokasi. 

"Semoga desa-desa lain dan kecamatan lain bisa bersinergi memasyarakatkan pisang cabendis ini," harap Haeruddin. 

Selain di Desa Benggaulu warga desa lain di Pasangkayu juga gencar menanam pisang. Seperti di Kampung Tikke. Sebelum Pj Bahtiar mengakhiri kunjungan kerjanya di Pasangkayu, warga Tikke mengundangnya guna menanam pisang sebab lahan mereka telah siap. 

Ambo Intang yang juga gnggota DPRD Sulawesi Barat menemani Pj Bahtiar menanam pisang di kampung tersebut. Dia menyambut dan sangat mengapresiasi sebab Pj Bahtiar sangat peduli terhadap peningkatan kesejahtraan warga melalui program budidaya pisang cavendish.

"Alhamdulilla sukses kunjuganya Pak Pj Gubernur di Pasangkayu dan menanam pisang. Terima kasih," ujar Ambo Intang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat