uefau17.com

SNBP 2024 Dibuka, Simak Link, Syarat, dan Cara Mendaftarnya - Regional

, Bandung - Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 telah resmi dibuka sejak Rabu (14/2/2024). Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa secara online melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

SNBP menjadi salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri untuk siswa yang berprestasi. Pendaftaran SNBP 2024 akan dibuka hingga 28 Februari 2024.

Pendaftaran tersebut bisa dilakukan melalui dua situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ serta melalui link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Sebelum melakukan pendaftaran calon mahasiswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang memenuhi tiga syarat utama SNBP 2024. Melansir dari laman SNPMB, berikut tiga syarat yang harus dipenuhi:

1. Dinyatakan eligible oleh sekolah

2. Memiliki akun SNPMB yang telah disimpan permanen

3. Memiliki nilai lengkap pada PDSS yang telah diisi dan difinalisasi sekolah.

Tim SNPMB telah memberikan batas waktu hingga Kamis (15/2/2024) pukul 15.00 WIB untuk peserta yang ingin menyimpan akun permanen agar bisa mendaftar SNBP 2024.

Adapun pengumuman hasil SNBP 2024 akan dibagikan pada 26 Maret 2024 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftar SNBP 2024

Bagi siswa yang telah memenuhi tiga kriteria utama tersebut maka bisa melakukan pendaftaran SNBP 2024 dengan mengikuti beberapa tahap berikut ini:

1. Mengunjungi situs resminya yaitu melalui link berikut https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ serta melalui link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

2. Lakukan login dengan email serta password yang telah didaftarkan serta diverifikasi pada portal SNPMB.

3. Jika tidak memenuhi syarat maka akan muncul pesan “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNBP 2024. Silakan mengikuti SNBT 2024. Anda akan otomatis logout dalam 30 detik”.

4. Bagi siswa yang memenuhi syarat namun belum melakukan permanen akun maka muncul pesan “Data Anda belum permanen, pastikan data Anda sudah permanen pada portal SNPMB. Anda otomatis akan logout selama 30 detik”.

5. Sementara itu untuk siswa yang bukan berasal dari lulusan tahun ini maka muncul pesan “Login gagal (500,71408) student is in active (has graduated). Anda otomatis akan logout dalam 30 detik”.

6. Setelahnya jika Anda telah memenuhi semua syarat maka bisa melengkapi data orang tua yang ada dalam halaman profil.

7. Kemudian tekan tombol simpan jika data sudah benar terisi dan sistem akan memberikan informasi “Berhasil menyimpan kelengkapan data”.

 

3 dari 3 halaman

Berikutnya

8. Selanjutnya siswa bisa mendaftar SNBP dengan cara mengisi pilihan prodi di halaman PIlihan.

9. Pilih salah satu PTN atau politeknik negeri dari daftar yang telah disediakan.

10. Pilih prodi.

11. Tekan simpan semua pilihan yang ada di kanan atas dan akan muncul sebuah pop-up konfirmasi pilihan.

12. Jika sudah pilih simpan dan ketika berhasil muncul notifikasi “Berhasil menyimpan pilihan, silakan mengisi portofolio/prestasi”.

13. Siswa dapat mengunggah portofolio jika prodi yang dipilih memberikan persyaratan tersebut jika tidak maka halaman tersebut tidak perlu diisi.

14. Kemudian isi prestasi pada halaman Prestasi (perlu diketahui isian prestasi pada halaman tersebut bersifat tidak wajib).

15. Jika terdapat prestasi maka bukti prestasi tersebut bisa diunggah berupa sertifikat berformat pdf/png/jpg dengan ukuran maksimal 2 MB dan setelah selesai klik tombol Simpan.

16. Jika semua data telah diperiksa dan yakin tidak salah maka bisa dilanjutkan dengan finalisasi di halaman Finalisasi.

17. Setelah yakin data telah akurat maka berikan tanda centak di pernyataan persetujuan.

18. Pilih kembali Finalisasi hingga ada keterangan tanggal serta waktu finalisasi yang sudah dilakukan.

19. Selanjutnya unduh dan cetak kartu peserta SNBP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat