uefau17.com

Gunung Ibu Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik 1.000 Meter ke Arah Barat Daya - Regional

 

, Jakarta - Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali erupsi pada Senin (15/1/2024), pukul 11.03 WIT. Laman Magma ESDM melaporkan, tinggi kolom abu vulkanik letusan Gunung Ibu kali ini teramati mencapai 1.000 meter dari atas puncak, atau 2.325 meter di atas permukaan laut. 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi Gunung Ibu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 118 detik.

Masyarakat dan wisatawan yang ada di sekitar Gunung Ibu dilarang beraktivitas di dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erupsi Sebelumnya

Sebelumnya, pada Jumat (12/1/2024), pukul 09.44 WIT, Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, juga mengalami erupsi. Laman Magma ESDM menyebutkan, tinggi kolom abu vulkanik letusan Gunung Ibu kala itu teramati mencapai 800 meter di atas puncak, atau 2.215 meter di atas permukaan laut. 

Hingga saat ini, Gunung Ibu di Pulau Halmaera, Maluku Utara, masih berstatus Waspada (Level II).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat