uefau17.com

Paper GenB, Deterjen Ramah Lingkungan dari Belimbing Wuluh Karya Mahasiswa UGM - Regional

, Yogyakarta Masyarakat membersihkan pakaian, sepatu dan barang lainnya menggunakan detergen sintetis/kimia dapat mencemari lingkungan dan menyisakan persoalan limbah sampah plastik. Berdasarkan keprihatinan tersebut, sekelompok mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan yang menggunakan bahan dasar buah belimbing wuluh yang dinamai Paper GenB. 

Inovasi ini tercipta dari ide kreatif Rizqa Irma Widayati (Kimia), Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasi), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM. 

“Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan menerapkan prinsip zero waste,” terang Rizqa. 

Rizqa mengatakan, Deterjen ramah lingkungan Paper GenB yang menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan dasarnya karena kandungan senyawanya yang bisa dimanfaatkan sebagai detergen alami dan tentunya ramah bagi lingkungan. 

"Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,” jelasnya. 

Produk ini menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu, tidak mengiritasi kulit dan tidak mencemari ekosistem perairan serta lingkungan.

Kemudian, produk ini dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan dapat didaur ulang. Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas, produk ini mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk mencuci pakaian.

Produk ini juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pemasaran. 

"Paper GenB dapat digunakan pada segala macam pencucian baik secara manual, mesin cuci top load, maupun mesin cuci front load,” jelasnya.

Bagi Anda yang tertarik terhadap produk deterjen ramah lingkungan Paper GenB ini sudah dipasarkan di sejumlah marketplace seperti shopee, tokopedia, dan website resmi papaergenb.com. Satu pak Paper GenB berisi 30 sheet dijual seharga Rp 35.000,-.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat