uefau17.com

Jaga Kelestarian Lingkungan, Personel Polda Riau Tanam 45 Ribu Pohon - Regional

, Pekanbaru - Sebanyak 45 ribu bibit pohon ditanam secara serentak oleh personel Polda Riau dan jajaran Polres di Bumi Lancang Kuning. Tujuannya menjaga kelestarian lingkungan untuk mengurangi dampak perubahan iklim karena pemanasan global.

Penanaman pohon oleh Polda Riau dipimpin Brigadir Jenderal Kasihan Rahmadi. Wakil Kepala Polda Riau itu melakukan penanaman pohon di pinggir lapangan bola Jalan Thamrin, Kecamatan Sail, Pekanbaru.

Usai kegiatan, Rahmadi menjelaskan, menanam bibit pohon serentak ini dalam rangka melestarikan negeri. Harapannya, pohon yang ditanam ini bisa dinikmati generasi berikutnya.

"Ada 45.233 pohon berbagai jenis yang ditanam di Riau, mulai dari alpukat, durian, jengkol, jambu, lengkeng dan lainnya," kata Rahmadi, Rabu pagi, 23 Agustus 2023.

Penanaman ini juga diikuti Polres jajaran di Riau, bahkan serentak di Indonesia yang dilakukan oleh Mabes Polri. Bibit yang ditanam ketika besar nanti diharap memelihara keberlangsungan ekosistem.

"Baik itu terhadap lingkungan hidup, oksigen, ekonomi pangan serta pemanfaatan kayu," ujar Rahmadi.

Rahmadi mengibaratkan penanaman pohon seperti doa. Apa yang diharapkan tak bisa langsung terkabul tapi bisa terwujud pada masa depan.

"Nantinya bisa dinikmati oleh anak cucu kita semua," ujar Rahmadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Jaga Lingkungan

Kegiatan ini diharap tak sekedar seremonial belaka. Penanaman juga diiringi oleh penegakan hukum karena sejumlah hutan di Riau masih menjadi sasaran perambahan ataupun ilegal logging.

"Polda Riau juga konsisten menegakkan hukum, sudah ada ilegal logging dan pelaku perusakan hutan ditindak," katanya.

Rahmadi menyatakan komitmen Polri dalam menjaga lingkungan untuk keberlangsungan ekosistem kehidupan. Semangat menjaga ekosistem bakal berlanjut kedepannya.

"Dengan demikian anak cucu kita bisa merasakan kehidupan lebih baik dimasa depan," imbuh Rahmadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat