uefau17.com

Jurus Jitu Pemkot Pematang Siantar Bangkitkan Kembali Geliat Perekonomian - Regional

, Makassar - Pemerintah Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara terus berupaya untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi pasca-pandemi Covid-19. Salah satu hal yang dilakukan oleh fokus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mengatakan bahwa alasan pihaknya fokus membangkitkan perekonomian melalui UMKM adalah karena UMKM merupakan ekonomi kerakyatan. 

"Kita tau bahwa seluruh Indonesia bahkan dunia kena dampak pandemi Covid-19, dan semua terdampak di masalah ekonomi, sehingga kami terus berusaha mendongkrak UMKM. Karena bagaimanapun UMKM adalah ekonomi kerakyatan sehingga itu lah yang mampu bertahan dalam segala kondisi," kata Susanti Dewayani kepada , di Makassar, Selasa (12/7/2023). 

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkot Pematang Siantar adalah mengikut sertakan produk-produk UMKM khas Pematang Siantar pada Expo yang digelar dalam rangkaian kegiatan Rakernas XVI Apeksi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

"Saya hari ini mengunjungi stand UMKM dari Pemerintah Kota Pematangsiantar, jadi harapannyaa dengan adanya pameran Expo UMKM ini, kita berharap bisa mendongkrak perekonomian di daerah-daerah seluruh Indonesia, termasuk juga di Kota Pematangsiantar," jelasnya. 

Dia menjelaskan bahwa Dinas Koperasi dan UMKM Pemkot Pematang Siantar membawa sejumlah produk-produk khas andalan dari kota dengan julukan Kota Mie Pangsit itu. Tak terkecuali kerajinan tangan khas Batak. 

"Yang pastinya di sini kami ada membawa souvernir-souvenir dari etnis Batak, sehingga famili-famili, keluarga-keluarga kami yang merantau di daerah Indonesia Timur ada kerinduan mengunjungi kami," ucapnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat