uefau17.com

Akhirnya! Warga Samarinda Miliki Rumah Sakit yang Melayani Penderita Ginjal - Regional

, Samarinda - Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang harus dijaga dengan baik. Jika tidak dijaga dengan baik, maka akan menyebabkan berbagai penyakit seperti anemia, gangguan elektrolit, dan penumpukan racun dalam tubuh. Gangguan pada ginjal juga dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak normal.

Beberapa jenis penyakit ginjal yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia antara lain batu ginjal, infeksi ginjal, dan gagal ginjal. Batu ginjal merupakan penumpukan zat dan mineral yang membentuk kristal atau batu di ginjal, yang umumnya disebabkan oleh asam urat atau infeksi saluran kemih.

Sementara itu, seseorang juga dapat mengalami gagal ginjal, baik gagal ginjal kronis maupun gagal ginjal akut. Penanganan penyakit ginjal berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan penyakit.

Sayangnya, tidak semua rumah sakit daerah memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan tindakan medis pada penderita ginjal. Jika harus merujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap, hal itu tentu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, Rumah Sakit Hermina Samarinda meresmikan layanan Hemodialisis dan CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) guna membantu meringankan masyarakat yang memiliki penyakit ginjal, terutama penderita ginjal kronis dan akut yang memerlukan tindakan medis secara intensif, seperti melakukan operasi atau cuci darah secara berkala. Layanan tersebut dihadirkan karena banyaknya permintaan dari masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asuransi Kesehatan

RS Hermina Samarinda merupakan rumah sakit umum berskala nasional yang dinaungi PT. Medikaloka Hermina Tbk. Sejak berdiri pada tahun 2018 hingga saat ini, rumah sakit tersebut telah memiliki 46 cabang rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Samarinda, Kalimantan Timur.

“Layanan Hemodialisis dan CAPD sejalan dengan pelayanan prioritas RS Hermina Samarinda tahun 2023, serta melihat tingginya permintaan dari masyarakat terhadap layanan ini,” ujar Direktur RS Hermina Samarinda Boy ER Wajong, Senin (13/3/2023).

Dalam menjalankan fungsinya, Rumah Sakit Hermina Samarinda menyediakan perawatan kesehatan secara optimal dan profesional, dengan mengedepankan nilai pertumbuhan, kesehatan, dan umur panjang. RS Hermina Samarinda juga telah bekerja sama dengan BPJS dan berbagai asuransi kesehatan lainnya untuk meringankan biaya pengobatan.

Saat ini, RS Hermina Samarinda memiliki 132 tempat tidur, dan telah terakreditasi paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Rumah sakit ini juga telah memiliki layanan ginjal terpadu, sehingga dapat melayani transplantasi ginjal.

Dengan adanya layanan Hemodialisis serta CAPD dari RS Hermina Samarinda, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan seluruh lapisan masyarakat Samarinda, serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat