uefau17.com

1,8 Juta Perantau Pulang 'Kampuang ka' Sumbar Lebaran 2022 - Regional

, Padang - Sebanyak 1,8 juta pemudik diprediksi akan pulang ke kampung halaman di kabupaten dan kota Sumatera Barat pada momen Lebaran 2022 ini.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut para perantau. Sebagian besar pemudik juga diperkirakan akan menggunakan jalur darat.

"Iya kita sudah lakukan persiapan untuk menyambut para pemudik terutama untuk jalur darat," katanya, Senin (25/4/2022).

Mengingat tingginya arus lalu lintas saat mudik, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan perbaikan jalan, terutama untuk jalan nasional.

Kesiapan jalan nasional untuk dilalui pemudik, kata Mahyeldi, itu 80 persen. Jalan di perbatasan seperti Sumbar-Riau dan Sumbar-Bengkulu saat ini sudah bagus. Namun, Mahyeldi tak menampik bahwa masih ada beberapa titik terdapat jalan berlubang.

Kemudian untuk jalan provinsi juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas PU Sumbar agar merapikan jalan dan memperbaiki kerusakan.

"Termasuk pinggir-pinggir jalan yang rusak itu juga sudah kami minta untuk diperbaiki," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Kesehatan

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan setidaknya 35 titik posko kesehatan untuk menyambut para pemudik. Di posko itu, nantinya juga dibuka gerai vaksinasi.

Selain kesiapan jalan dan posko kesehatan, Pemprov Sumbar juga berkoordinasi dengan PT Pertamina agar menjaga pasokan bahan bakar minyak untuk daerah itu.

"Kita sudah koordinasi, PT Pertamina berkomitmen menambah pasokan sehingga diharapkan tidak terjadi kelangkaan BBM," kata Mahyeldi.

Di samping itu, Mahyeldi juga meminta pemerintah daerah hingga perangkat nagari (desa adat) agar mempersiapkan lokasi wisata termasuk soal protokol kesehatan.

"Momen Lebaran nanti pasti juga dimanfaatkan pemudik untuk berwisata," ia menambahkan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat