uefau17.com

Bikin Ruang Baca Agar Tidak Terlihat 'Biasa' - Properti

, Jakarta Ruang baca biasanya identik dengan desain yang kaku, bahkan ruang baca di rumah sekalipun. Tak heran kalau kebanyakan ruang baca selalu terlihat monoton dengan tumpukan buku yang membosankan.

(Baca juga: Ide Dekorasi: Rak Buku untuk Rumah Bergaya Minimalis)

Alhasil, ruang yang diimpikan bakal menjadi tempat bersantai untuk menghabiskan waktu berjam-jam malah lebih sering tak tersentuh. Ya, karena Anda lebih merasa nyaman membaca buku di kamar ketimbang pada tempat yang telah disediakan.

Jika Anda memang gemar membaca, jangan biarkan ruang baca di rumah terbengkalai. Sayang, kan, kalau buku di rumah hanya dipenuhi debu. Anda bisa, kok, mengubah ruang baca yang membosankan menjadi tempat yang mengasyikan dan cozy. Simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Kosongkan dan Bersihkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan rak buku dan membersihkannya dari debu. Bersihkan menggunakan lap lembut basah atau kanebo sehingga debu-debu tidak berterbangan. Setelah rak lemari bersih, tata ulang kembali buku bacaan sesuai kategori. Hal ini untuk mempermudah Anda ketika mencarinya.

2. Sortir Buku

Ada baiknya sortir kembali buku-buku koleksi Anda. Pilih buku-buku favorit dan yang berguna untuk Anda untuk disimpan.

Mungkin Anda memiliki puluhan, bahkan ratusan koleksi buku, mulai dari buku lama hingga terbaru. Ada baiknya sortir kembali buku-buku koleksi Anda. Pilih buku-buku favorit dan yang berguna untuk Anda untuk disimpan.

Sisanya, Anda bisa sumbangkan ke sekolah, panti asuhan, yayasan anak atau tempat lain yang membutuhkan. Menyortir buku akan membuat ruang lebih terlihat rapi dan lega.

3. Tambahkan Aksen

Agar tidak membosankan, Anda dapat menambahkan beberapa aksen untuk mempercantik tampilan ruang, seperti sofa di pojok ruang, lukisan dinding, tanaman hijau, karpet dengan beberapa cushion, atau lampu baca.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah yang nyaman dengan harga Rp300 – Rp500 juta)

Dengan begitu, ruang baca tak hanya menjadi tempat penyimpanan koleksi buku tetapi juga menjadi spot yang nyaman untuk membaca.

4. Susun Sesuai Warna

Jika sudah dikelompokkan, lihatlah ruang secara keseluruhan dijamin tampilan ruang baca Anda menjadi lebih menarik dan berwarna.

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih menarik, Anda boleh saja menata atau mengelompokkan buku berdasarkan warna sampulnya. Misalnya merah dengan merah, biru dengan biru, kuning dengan kuning.

Jika sudah dikelompokkan, lihatlah ruang secara keseluruhan dijamin tampilan ruang baca Anda menjadi lebih menarik dan berwarna.

5. Perhatikan Setiap Baris Rak Buku

Anda bisa menambahkan benda-benda seperti frame foto, instalasi seni, atau pajangan lain untuk mempercantik tampilan rak buku.

Saat menata buku, wajib perhatikan kerapian setiap baris rak buku. Apalagi jika Anda menggunakan rak buku terbuka yang gampang terlihat orang. Susun dengan rapi buku-buku di setiap baris rak. Susunan buku yang rapi secara tak langsung akan membuat tampilan ruang baca terlihat lebih menarik.

Anda bisa menambahkan benda-benda seperti frame foto, instalasi seni, atau pajangan lain untuk mempercantik tampilan rak buku.

6. Gunakan Warna Cerah

Warna cerah juga membantu memantulkan cahaya dengan baik sehingga tak mengganggu kesehatan mata saat membaca.

Jika memungkinkan untuk mengecat ulang, gunakan warna cerah untuk warna dinding ruang baca. Warna cerah akan menambah kenyamanan Anda saat membaca. Warna cerah juga membantu memantulkan cahaya dengan baik sehingga tak mengganggu kesehatan mata saat membaca.

 

Dian Probowati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat