uefau17.com

4 Nama Cawapres Prabowo: Airlangga, Erick Thohir, Gibran, dan Khofifah - Pemilu

, Jakarta Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan, kandidat calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto di Pemilu 2024 menguat pada empat nama.

“Airlangga Hartarto yang diusung oleh Partai Golkar, Erick Thohir yang diusung oleh Partai Amanat Nasional, Gibran Rakabuming, Walikota Solo dan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur,” kata Herzaky dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Menurut dia, Prabowo akan meminta pandangan dari pimpinan tiap-tiap parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum memutuskan Cawapres.

“Tentu saja, kami dari Partai Demokrat juga akan memberikan pertimbangan dan masukan ketika hal tersebut diminta. Tapi tentu saja, bagi Partai Demokrat, Bapak Prabowo-lah yang akan memutuskan siapa cawapresnya nanti,” kata Herzaky.

Dia berharap siapapun cawapres Prabowo nanti adalah sosok yang tepat dan bisa membawa kemenangan KIM.

“Harapan kami, cawapres yang dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto adalah orang yang tepat, dan membawa kemenangan bagi Koalisi Indonesia Maju,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyatakan, nama-nama yang masuk dalam radar calon wakil presiden bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk dampingi Prabowo akan dibawa ke meja rapat KIM, termasuk juga usulan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, DPC Gerindra Tangerang Selatan dan relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mengusulkan Gibran menjadi cawapres Jokowi.

"Tentu saja supaya keputusan ini menjadi keputusan bersama termasuk nama Mas Gibran dan nama-nama lain, nanti oleh Pak Prabowo akan diajukan di atas meja untuk dibicarakan bersama-sama," kata Muzani ditemui di Gedung Juang, Senin (9/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Gibran Menguat

Muzani menilai sosok Gibran sebagai calon wakil presiden atau tokoh politik yang mumpuni. Namun, ia memastikan usulan belum ada yang menjadi sebuah keputusan resmi.

"Kami menganggap bahwa semua nama yang dimajukan oleh tokoh komponen bahkan partai Koalisi, adalah orang-orang yang berniat beri pengabdian terbaik kepada bangsa dan negaranya," kata Muzani.

Namun, Muzani memastikan, Prabowo mencatat masukan nama Gibran yang diusulkan dan juga usulan lainnya.

"Terhadap pikiran, pandangan dan pendapat Samawi tersebut Pak Prabowo catat, hargai, dan simak dengan saksama atas aspirasi tersebut sebagaimana juga aspirasi yang berkembang dari berbagai macam komponen lainnya," kata Muzani.

 

3 dari 3 halaman

PBB Dukung Gibran

Partai Bulan Bintang (PBB) mendorong Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Salah satu alasannya adalah karena dia putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Paling tidak dengan wacana adanya Gibran, anak muda tokoh milenial kemudian pengalaman di wali kota bagus, ditambah dia putra presiden," kata Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor di Jakarta, Minggu, (8/10/2023).

Sebagai putra Presiden Jokowi, kata Afriansyah, Gibran diyakini memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi.

"Anda tahu sendiri presiden ini tingkat kesukaan rakyat masih di atas 80 persen. Harapan ini tentunya salah satu strateginya kenapa selain Pak Yusril kami mendorong Gibran. Ini harapannya," kata Afriansyah.

Namun, kata dia, nama Gibran masih akan dibahas bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan partai Koalisi Indonesia Maju.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat