uefau17.com

Survei SPIN: Prabowo Subianto Ungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan - Pemilu

, Jakarta Lembaga penelitian Survey dan Polling Indonesia (SPIN) melakukan survei yang salah satunya memotret elektabilitas tokoh yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Hasilnya, Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ungguli para lawannya, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan Anies Baswedan, dalam simulasi tiga nama.

"Prabowo Subianto meraih 36,9%, Ganjar Prabowo 17,2%, Anies Baswedan 17%. Belum punya pilihan 28,9%," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, Senin (8/5/2023).

Dia menegaskan, ada beberapa faktor yang membuat Prabowo unggul. Disebutkan, kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan dinilai baik.

"Endorsement Jokowi baik secara terbuka dan konkrit dan melalui Musyawarah Relawan (Musra). Dukungan Prabowo sebagai capres 2024 yang paling diminati publik juga muncul dalam berbagai Musra yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi," jelas Igor.

Selain itu, Prabowo dianggap sosok yang dekat dengan rakyat. Di mana, citra Prabowo tidak hanya dipersepsikan sebagai sosok yang tegas dan berwibawa saja.

"Bisa jadi ini adalah efek seringnya Presiden Jokowi mengajak Menhan Prabowo untuk bersafari mengunjungi berbagai daerah, blusukan ke pasar, sawah dan bersama-sama menghadiri acara kenegaraan (di dalam dan luar negeri), partai politik, bahkan acara pernikahan keluarga dari sejumlah tokoh," jelas Igor.

Survei SPIN dilakukan pada tanggal 27 April-4 Mei 2023 dengan total jumlah responden 1.230. Kriteria responden ada penduduk berusia 17 tahun keatas atau sudah pernah menikah.

Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel Random Digit Dialing (RDD) menggunakan Simple random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen.

Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon/smartphone. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerindra Minta Kader Tak Balas Mereka yang Mungkin Serang Capres Prabowo Subianto

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada seluruh kader untuk tidak reaktif terhadap serangan yang ditujukan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden atau capres 2024.

Dasco mengatakan, saat ini semakin masif serangan terhadap Prabowo Subianto jelang Pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Ia menilai, serangan tersebut menunjukkan adanya kekhawatiran sang Ketua Umum Partai Gerindra itu menang dalam Pilpres 2024.

"Kepada kader Gerindra di mana pun berada, akhir-akhir ini semakin masif serangan-serangan terhadap Pak Prabowo. Serangan-serangan tersebut menandakan bahwa ada pihak-pihak yang takut, ada pihak-pihak yang khawatir bahwa Pak Prabowo akan menjadi Juara pada Pilpres 2024," ujar Dasco dalam intruksi harian melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (6/5/2023).

"Oleh karena itu, saya Intruksikan kepada kader-kader di seluruh Indonesia untuk tidak reaktif, untuk tidak membalas apalagi membabi-buta secara brutal," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat