uefau17.com

Mobil Listrik Zeekr X dan Zeekr 009 Menuju Indonesia, Begini Spesifikasinya - Otomotif

, Jakarta - Zeekr, pabrikan mobil listrik asal China yang berada di bawah naungan Geely, siap masuk ke pasar Indonesia. Jenama Tiongkok ini berencana membawa dua model setir kanannya, yaitu Zeekr X dan Zeekr 009.

Kedua model tersebut, dirasa cukup cocok untuk pasar di Tanah Air, karena memang sebagai sebuah sport utility vehicle (SUV) dan juga multi purpose vehicle (MPV) yang pasarnya cukup diminati konsumen.

"Kalau yang model Zeekr 009 itu top of the range, dan pasar MPV di Indonesia cukup besar. kalau untuk Zeekr X di Eropa banyak anak muda yang suka, makanya juga masuk ke sini," tegas JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, sebagai agen pemegang merek (APM) Zeekr di Indonesia, saat ditemui di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Zeekr X dan Zeekr 009 ini, disebutkan bakal masuk ke Indonesia pada kuartal keempat 2024. Namun, untuk harganya sendiri memang belum diinformasikan secara detail.

Berbicara spesifikasinya, Zeekr X akan didasari platform yang sama dengan Volvo EX30 dan Smart #1 hasil joint venture dengan Mercedes-Benz.

Kecanggihan teknologi juga tersemat dari fitur pengenalan wajah untuk membuka kunci mobil, instrumen digital 8,8 inci, layar sentuh infotainmen 14,6 inci yang dapat digeser, dan tampilan head-up augmented reality 24,3 inci dengan sistem audio Yamaha 13 speaker.

Menyoal performa, mobil listrik Zeekr X dibekali baterai nikel mangan kobalt (NMC) 66 kWh yang dapat membawa mobil melaju hingga jarak tempuh 560 km berdasar standar CLTC.

Mesinnya ditenagai motor tunggal penggerak roda belakang yang mampu mengeluarkan output 268 tenaga kuda dan torsi 343 Nm yang mampu memacu mobil dari 0-100 km/jam dalam 5,8 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zeekr 009

Sedangkan Zeekr 009, adalah sebuah MPV pertama di dunia yang dilengkapi dengan kisi-kisi depan yang cerdas dengan sistem lampu yang dapat disesuaikan sesuai keinginan pengemudi.

Dimensi model ini cukup besar, layaknya Toyota Alphard yang cukup laris di Indonesia. Mobil ini, tentunya memiliki ruang interior seluas 7,4 meter, kebisingan yang terukur di dalam ZEEKR 009 hanya 64,5dB saat melaju dengan kecepatan 120 km/jam, klaim Zeekr.

Dilengkapi sistem penggerak empat roda cerdas yang terhubung ke 6 ECU utama dan beberapa sensor di seluruh kendaraan, Zeekr 009 diklaim dapat beralih antara penggerak dua roda dan penggerak empat roda dalam 0,4 detik.

Selain itu, mobil mewah ini telah disematkan tujuh buah kamera HD 8MP, empat kamera surround view 2MP, dan satu radar gelombang milimeter jarak sangat jauh 250m yang memungkinkan berbagai macam kesadaran jalan yang cerdas dengan bantuan kecerdasan buatan (AI).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat