uefau17.com

Ingin Terlihat Lebih Cerdas Saat Berbasa-basi, Gunakan Cara Ini Menurut Pakar Harvard dan Wharton - On Off

, Jakarta Berbasa-basi dengan seseorang yang baru saja ditemui bisa menjadi hal yang menakutkan. Kerap kali, dalam basa-basi yang kita lakukan, akal sehat memberi tahu bahwa kita perlu meyakinkan orang lain bahwa kita pintar, jadi kita dengan santai melepaskan jabatan, pendidikan, dan prestasi kita.

Namun, sebenarnya itu pendekatan yang salah.

Melansir CNBC Make It, ketika Joanne Lipman menulis buku barunya berjudul “NEXT! The Power of Reinvention in Life and Work”, dia mewawancarai banyak orang yang berporos dalam karier mereka, semua harus mengembangkan kenalan baru untuk bergerak. Dia juga berbicara dengan psikolog sosial tentang bagaimana membuat koneksi tersebut jadi sangat efektif.

Jawabannya sederhana: mintalah saran.

Seperti dikutip CNBC Make It, peneliti Harvard dan Wharton meminta siswa untuk memecahkan permainan asah otak dengan pasangan.

Beberapa diberitahu bahwa mereka akan dinilai hanya berdasarkan keakuratan jawaban mereka. Sebagian lain diberi tahu bahwa mereka akan dinilai berdasarkan seberapa baik kesan yang mereka berikan pada pasangannya.

Mereka diberi 3 pilihan untuk berkomunikasi:

- berkata “Hei, bisakah kamu memberiku saran?”

- berkata “Hei, saya harap Anda melakukannya dengan baik."

- tidak mengatakan apapun sama sekali

Siswa yang dinilai berdasarkan akurasi dengan penuh semangat memilih untuk meminta saran, tetapi mereka yang dinilai seberapa baiknya kesan yang mereka timbulkan hanya sedikit bahkan kurang dari setengahnya yang meminta bantuan, mereka takut terlihat tidak kompeten.

Dengan kata lain, kita cenderung berpikir: mereka meminta saran saya karena saya pintar.

Berikut cara menjadi pencari nasihat yang baik.

Ajukan banyak pertanyaan

Menurut studi Harvard, orang merasa lebih hangat terhadap mereka yang mengajukan banyak pertanyaan. Para penanya tampak lebih perhatian dan pengertian. Faktanya, kebanyakan dari kita tidak cukup banyak bertanya, para peneliti menyimpulkan.

Kuncinya adalah mengajukan pertanyaan lanjutan yang berhubungan dengan apa yang dikatakan orang lain, yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan tertarik. Ini tidak hanya membuat Anda lebih disukai; itu membuat Anda lebih diinginkan juga.

Usir rasa takut

Salah satu kendala terbesar untuk melakukan pendekatan adalah kecemasan. Itu menghentikan kita dari mengambil langkah pertama yang mungkin mengarah pada kontak bisnis utama, peluang baru, atau pasangan romantis.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa ketakutan itu salah arah. Dalam sebuah penelitian, para eksekutif diinstruksikan untuk meminta nasihat dari seseorang yang telah kehilangan kontak bertahun-tahun yang lalu. Para eksekutif merasa cemas dan gelisah sebelumnya.

Namun, ketika mereka diwawancarai sesudahnya, mereka tidak hanya melaporkan mendapatkan saran yang bagus, 90% dari mereka mengatakan bahwa pengalaman itu menyenangkan dan menyenangkan.

Ingat bahwa kenalan baru Anda belum menjadi sahabat baru Anda

Memang sangat menggoda untuk terikat dengan orang sukses, terkenal, atau berpengalaman yang baru saja Anda temui.

Perlu diingat bahwa saat ini bukan waktunya untuk meminta mereka menjadi mentor Anda atau saatnya mengajukan pertanyaan terbuka yang mengharuskan mereka melakukan penelitian. Ini juga bukan waktu untuk mengirimkan rencana bisnis Anda dan meminta feedback secara detail.

Lebih baik ajukan pertanyaan singkat yang spesifik. Waspadai waktu mereka dan jangan melangkahi. Tujuan dari kesan pertama yang hebat adalah memastikan Anda mendapatkan kesan kedua dan seterusnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat