uefau17.com

Baik Pria dan Wanita, Kenali Lebih Dalam Apa itu Selulit dan Perawatannya - On Off

, Jakarta Istilah selulit lebih dikenal bagi para wanita. Namun, tidak menutup kemungkinan hal ini juga bisa dirasakan bagi para lelaki.

Lantas, seperti apakah selulit itu?

Sebelum mengetahuinya, sebuah fakta menunjukkan bahwa sekitar 85 persen wanita memiliki sesulit. Banyak orang mengatakan biasanya sesulit terkait berat badan, padahal bukan soal itu saja.

"Selulit bukan hanya tentang lemak, melainkan tentang struktur kulit," jelas dokter kulit bersertifikat Marnie Nussbaum seperti dilansir Popsugar, Selasa (30/8/2022).

Dia juga menjelaskan, “Dihipotesiskan bahwa sirkulasi di bawah kulit melambat, menyebabkan sel-sel lemak membengkak. Pita elastis yang menahan lemak berangsur-angsur melemah, memungkinkan sel-sel lemak di antara pita itu keluar dan menyebabkan efek lesung pipit."

Sementara itu, penambahan berat badan dan pola makan yang buruk dapat meningkatkan perkembangan selulit, hormon dan kecenderungan genetik dari sirkulasi yang melambat, seperti dijelaskan di atas adalah penyebab utamanya.

Dengan kata lain, seorang wanita bisa memiliki berat badan ideal dan masih memiliki selulit, sedangkan wanita yang memiliki berat badan lebih bisa bebas.

Perawatan

Terkait perawatannya, tidak ada cara untuk menghilangkan 100 persen selulit. Namun, beberapa dapat sedikit memperbaiki tekstur kulit.

“Saat memilih lotion atau krim pengencang di rumah, carilah yang diformulasikan dengan antioksidan, karena ini bekerja untuk menyerang radikal bebas yang cenderung merusak sel-sel kulit yang sehat,” kata Nussbaum.

Selain itu, katanya, “Produk yang diformulasikan dengan kafein dapat meningkatkan sirkulasi dan mengecilkan sel-sel lemak untuk sementara, serta mendistribusikan air secara merata di antara sel-sel lemak untuk penampilan yang lebih halus."

Pilihan lain adalah menyikat kering, yang persis seperti yang terdengar. Anda menggunakan sikat khusus untuk memijat kulit yang membantu pengelupasan, mencerahkan, merangsang sirkulasi, dan sedikit memperbaiki tekstur.

Produk yang menjanjikan untuk mengencangkan atau menghilangkan selulit secara instan atau sepenuhnya tidak memberikannya langsung kepada Anda. Mereka mungkin sementara menutupi penampilan selulit dengan mengencangkan atau menghaluskan kulit, tetapi efek ini bertahan 24 jam, puncak, atau sampai Anda mencuci produk.

Pencegahan

Di samping itu, hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah selulit hampir tidak mungkin dicegah, terutama jika Anda memiliki kecenderungan genetik bahkan kemungkinan tidak akan hilang.

"Ada cara untuk meningkatkan tampilan dan tekstur kulit secara keseluruhan, tetapi penting untuk dicatat bahwa tidak ada perawatan yang permanen, mencapai resolusi 100 persen, atau bekerja untuk setiap pasien. Mereka hanya dapat mengurangi penampilan secara sementara. selulit," tutur Nussbaum.

Dia menekankan, "Harapan harus realistis dan disesuaikan dengan bimbingan dokter."

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat