uefau17.com

[VIDEO] Anak Susah Makan? Coba Menu Bento - News

Bingung saat anak tak mau makan atau anak tak menyukai olahan sayuran, mungkin Anda harus mencoba menu yang satu ini, catering bento dengan aneka bentuk lucu dan menggemaskan. siapa tahu dapat membangkitkan selera makan anak.

Kata bento, mungkin tulisan ini pernah Anda jumpai pada gerai-gerai atau restoran masakan khas Jepang. Dalam kebudayaan Jepang, bento adalah makanan bekal berupa nasi dan lauk pauk dalam kemasan praktis yang mudah dibawa. Demikian yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (8/7/2013).

Tapi kali ini tak perlu jauh-jauh ke Jepang atau mampir ke restoran Jepang untuk menikmati hidangan ala bento, di kawasan Sunter Mas, Jakarta Utara, ada jasa catering yang siap mengantar bento sebagai bekal.

Sudah setahun ini, Yenni dan Wissy menekuni usaha rumahan catering ala bento, bento kreasi mereka ini khusus dibuat untuk anak-anak, terutama bagi anak yang susah makan atau yang tidak suka makan sayur.

Pemilik usaha bento Wissy mengatakan, cara membuat bekal bento ini cukup mudah, namun butuh kreativitas, ide dan kerapihan.

Pertama-tama, siapkan aneka cetakan makanan. Lalu lauk-pauk untuk penghiasnya, seperti mi goreng nugget, dan wortel. Wortel pun diiris tipis-tipis, dibentuk menggunakan cetakan makanan, kemudian direbus. Kebersihan dalam proses pembuatan bento diutamakan, dan semua bahan yang digunakan merupakan bahan alami.

Sementara pemilik lainnya bernama Yenni menambahkan, tahap selanjutnya adalah menyusun bento. Kotak bento yang terdiri dari beberapa bagian mulai diisi. Mulai dari nuget, mi goreng dicampur sayuran dan tentu saja nasi.

Tapi sebelum nasi dimasukan ke kotak bento, nasi terlebih dulu dicetak dengan menggunakan cetakan sesuai permintaan pelanggan. Misalnya kelinci dan Hello Kitty. Selanjutnya nasi yang sudah dicetak ini diberi mata dan mulut agar mirip dengan karakter kartun aslinya.

Bento yang sudah selesai dibentuk dan dikemas ini kemudian dikirim ke tempat pelanggan. Salah satu pelanggan catering ini adalah sekolah playgroup di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Adapun harga per porsi bento Rp 25 ribu. Meski baru setahun berjalan, penghasilan yang didapatkan cukup memuaskan.

Dengan modal awal Rp 5 juta, kini per bulannya mereka mampu meraup omzet rata rata hingga Rp 20 juta. Setiap hari, ratarata Yeni dan Wissy membuat minimal 30 paket bento. (Edo/Riz)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat