uefau17.com

Tolak BBM Naik, Puluhan Mahasiswa Diamankan Pamdal DPR - News

Puluhan mahasiswa dan para buruh yang menentang keputusan paripurna di balkon ruang paripurna di Gedung Nusantara II diamankan pihak pengamanan dalam (Pamdal) DPR.

Lantaran, para mahasiswa tersebut menolak keputusan rapat paripurna yang menyetujui RUU APBN Perubahan 2013. RUU itu kini telah sah ditetapkan sebagai undang-undang.

"Tolak kenaikan BBM, hidup mahasiswa, kita tidak akan menerima keputusan ini," teriak beberapa mahasiswa yang akhirnya ditangkap Pamdal DPR, Senin (17/6/2013) malam.

Tindakan Pamdal DPR tersebut dilakukan lantaran para mahasiswa yang awalnya tenang berulah menjadi riuh di saat sidang paripurna belum ditutup.

Para mahasiswa itu akhirnya diamankan para pamdal.  Mereka kini sedang menjalani pengamanan di Pos Pamdal di Gedung Nusantara III untuk diinterogasi dan dimintai keterangannya.

Dalam rapat paripurna kali ini DPR RI menyetujui RUU tentang perubahan atas UU nomor 19 tahun 2012 tentang APBP Tahun Anggaran 2013 menjadi Undang-Undang. Dengan perolehan suara setelah voting sebanyak 338 orang yang menerima, dan 181 orang yang menolak dari total 519 anggota DPR yang hadir.

Dengan demikian, rencana pemerintah menaikkan harga BBM dan mengucurkan dana BLSM sebagai bagian dari kompensasi atas kenaikan harga BBM bisa berjalan mulus. (Ary/Yus)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat