uefau17.com

Wapres Ma’ruf Amin Kembali Kunker Ke Papua, Pastikan RIPPP dan RAPPP Terlaksana - News

, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin kembali melamukan kunkungan kerja ke sejumlah kota di Papua.

Pagi ini, Senin (03/06/2024) Wapres bertolak ke Papua dalam rangka melakukan kunjungan kerja (kunker) selama lima hari.

Pukul 09.00 dan rombongan terbatas lepas landas menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi menyatakan, kunker kali ini adalah yang keenam kalinya selama Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wapres, sekaligus melengkapi sisa provinsi di wilayah Papua yang belum sempat dikunjungi pada kunjungan-kunjungan sebelumnya.

"Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk terus mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Papua," kata Masduki dalam keterangannya, Senin (3/6/2024).

Dia menyebut, Ma’ruf ingin memastikan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP), dan Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Papua (RAPPP) terlaksana dengan baik dan berdampak langsung terhadap Orang Asli Papua (OAP).

Mengawali kunjungannya, Ma’ruf Amin akan ke Merauke untuk melakukan pertemuan dengan para bupati, tokoh adat, dan pegiat HAM/perdamaian di Provinsi Papua Selatan.

"Selain itu, Wapres juga akan melakukan pencanangan proyek-proyek strategis di Provinsi Papua Selatan, menandatangani Prasasti Peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun di Boven Digoel, dan meresmikan Pembukaan Pelatihan Pendamping Desa Provinsi Papua Selatan," kata Masduki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terbang ke Wamena

Kemudian, dari Merauke, Ma’ruf akan terbang ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan. Di Wamena, Wapres dijadwalkan akan melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung VIP Bandara Wamena.

Dari Wamena, Wapres akan beranjak ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

"Pertama, Wapres akan menyaksikan Pengukuhan KDEKS Provinsi Papua Barat Daya. Selanjutnya, Wapres juga akan melakukan Peninjauan Pemukiman Nelayan Malawei," kata Masduki.

 

3 dari 3 halaman

Luncurkan Sistem Informasi

Di hari terakhir kunjungannya, yakni Jumat, 7 Juni 2024, Ma’ruf akan meresmikan Peluncuran Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua, RIPPP, dan RAPPP.

"Kunjungan kerja ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua dalam berbagai aspek, termasuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi lokal," kata dia.

Ma’ruf, lanjut Masduki, berkomitmen tinggi untuk terus mendukung dan mempercepat pembangunan di tanah Papua demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kehadiran langsung Wapres di lapangan, sekali lagi sebagai bentuk perwujudan dari prinsip yang sering disampaikan Wapres 'menggaruk di tempat yang gatal'. Jadi, Wapres ingin benar-benar melihat masalah langsung dari masyarakat Papua, sehingga solusi yang dihasilkan nantinya pun efektif," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat