uefau17.com

Viral Dugaan Rumah DP Rp 0 Warisan Anies Disewakan Jadi Kosan, Plt Gubernur DKI Minta Ditertibkan - News

, Jakarta Beredar video yang diduga memasarkan hunian rumah DP Rp 0 Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dalam rekaman yang viral di media sosial itu, hunian yang diduga rumah DP Rp 0 tersebut hendak disewa sebagai indekos.

Menanggapi hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta meminta segala tindakan yang terindikasi menyalahi aturan rumah DP Rp 0 ditertibkan.

"Ya sesuai aturan dong, ditertibkan," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2023).

Menurut Kepala Sekretariat (Kasetpres) ini, kewenangan penindakan sepenuhnya dipegang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta. Heru menegaskan, program rumah DP Rp 0 ditujukan agar warga bisa memiliki hunian terjangkau.

Diketahui, rumah DP Rp 0 merupakan program milik Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan memimpin Ibu Kota.

Ketika berkampanye di Pilkada DKI Jakarta 2017, dia bersama Sandiaga Uno memiliki beberapa program unggulan, sebut saja program rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah.

Program ini diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami). Jika menilik janji Anies-Sandi pada kampanye lalu, keduanya mengatakan rumah DP nol rupiah ini bisa berupa rumah susun atau rumah tapak. Sebab, yang mereka rancang adalah instrumen pembiayaannya.

Peletakan batu pertama (ground breaking) program ini dilakukan di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang merupakan rumah susun (rusun) pertama dengan DP Rp 0 rupiah dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2018. Lalu, pada Jumat, 12 Oktober 2018 Anies meluncurkan program rumah DP Rp 0 Samawa.

Adapun kriteria dan skema pembiayaan rusunuami DP Rp 0 sudah ditetapkan pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 104 Tahun 2018 tentang fasilitas pembiayaan perolehan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral

Video ini diunggah pemilik akun Instagram @nafishalydia. Dalam video berdurasi 1 menit 6 detik itu, tarif sewa mencapai Rp 1 juta per bulan tanpa biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

"Kalian yang lagi cari kosan yang nyaman dan harganya murah, sini aku kasih tau rekomendasi kos murah di Jakarta Timur," tutur wanita dalam rekaman video saat mendeskripsikan hunian, dikutip Rabu (21/6/2023).

Rekaman video, memperlihatkan seisi ruang, mulai dari toilet, kamar, hingga beberapa fasilitas elektronik yang bakal didapat pihak yang menyewa.

Keberadaan stiker putih bertuliskan 'Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta' yang tertempel di pintu masuk hunian yang ada dalam video lah yang kemudian memperkuat dugaan hunian tersebut benar merupakan rumah DP Rp 0.

Sayangnya, usai viral kini unggahan video itu tak lagi ditemukan di akun Instagram @nafishalydia. Video diduga telah dihapus atau diarsipkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat