uefau17.com

Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Sebagai Capres 2024 Teratas - News

, Jakarta Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), merilis hasil temuannya, yang salah satunya menyoroti elektabilitas tokoh yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Hasilnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto meraih 31,8% suara. Di bawahnya, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan raihan 20,1%, menyusul mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 19,7%.

"Sampai dengan survei periode Desember 2022, perolehan elektabilitas Prabowo masih stabil diangka 31,8% bahkan cenderung menguat," kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, Kamis (29/12/2022).

Nama-nama lain menyusul di bawahnya seperti Ridwan Kamil 9,7%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,2%, Khofifah I Parawansa 2,4%, Puan Maharani 2,4%, Erick Thohir 1,6%, Muhaimin Iskandar 1,3%.

Lalu ada nama Airlangga Hartarto, Andika Perkasa, dan Sandiaga Uno dengan raihan sama yaitu 1,2%. Kemudian ada nama Ahmad Heryawan 1,1%, dan belum punya pilihan 3,1%.

Igor menduga, menguatnya nama Prabowo sebagai Capres 2024, lantaran karena kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan.

"Diduga hasil dari fokus kerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan endorse yang dilakukan oleh Jokowi terhadapnya," ujar Igor.

Menurutnya, faktor lainnya adalah tentang statemen Prabowo Subianto yang sudah menyatakan diri untuk siap bertarung kembali dalam Pilpres 2024.

"Fokusnya untuk menjalankan Amanah Presiden dibidang pertahanan patut diapresiasi mengingat Prabowo telah mendeklarasikan kesiapanya kembali untuk bertarung dalam kompetisi Pilpres," jelas Igor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait Survei

Survei SPIN tersebut dilakukan antara tanggal 1-10 Desember 2022 dengan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Teknik pengumpulan sample yang dipakai adalah multistage random sampling dengan margin of error -/+ 2,8 persen dan level kepercayaannya 95 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat