uefau17.com

Satgas Sebut Kasus Covid-19 Turun 7,4 Persen Sepekan Terakhir - News

, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kasus positif corona di Indonesia menurun dalam sepekan terakhir.

Adapun hal ini disampaikan Wiku berdasarkan data dalam rentang 28 September hingga 4 Oktober 2020.

"Di minggu ini terlihat perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional lebih baik dari pekan sebelumnya. Pada level nasional terjadi penurunan kasus positif sebesar 7,4 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya," kata Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 6 Oktober 2020.

Dia mengatakan, 5 provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi Covid-19 pada pekan ini berbeda dengan minggu sebelumnya. Pada pekan sebelumnya, penambahan kasus tertinggi terjadi di Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah.

"Minggu lalu masuk ke dalam lima besar seluruhnya dapat menekan angka kasusnya dengan baik bahkan mengalami penurunan jumlah kasus mingguan," ujar dia.

Sementara, lima provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi Covid-19 pada minggu ini adalah, Maluku naik 125 kasus dan Riau naik 131 kasus. Kemudian, Gorontalo naik 107 kasus, Sulawesi Barat naik 99 kasus, dan Aceh naik 97 kasus.

"Bila dibandingkan dengan minggu lalu, kenaikan kasus di Jawa Barat, DKI Jakarta itu angkanya ribuan, yaitu 1.700, 1.002, dan minggu ini kenaikanya diduduki provinsi yang kami sebutkan dan angkanya ratusan," jelas dia.

"Jadi ini adalah prestasi nasional yang luar biasa di seluruh daerah berkontribusi. Kami mohon agar tetap ini dijaga," sambung Wiku.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepala Daerah Bergerak

Wiku meminta, semua kepala darerah terus menekan angka kasus corona di wilayahnya masing-masing. Caranya, dengan mendisiplinkan masyatakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Ingat naik turunnya kasus positif Covid-19 itu ditentukan oleh kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Jika disiplin maka angka kasus positif akan turun," tutur dia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mencatat ada penambahan 4.056 kasus baru Covid-19, Selasa (6/10/2020). Dengan begitu, akumulasi kasus positif di Indonesia sebanyak 311.176.

Jumlah pasien Covid-19 sembuh bertambah 3.844 sehingga totalnya 236.437 orang. Sementara, pasien meninggal dunia karena virus corona mencapai 11.374 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat