uefau17.com

3 Strategi Nurdin Abdullah Jadikan Sulsel Zona Hijau Covid-19 - News

, Jakarta Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengaku optimis bisa mengubah daerahnya dari zona merah Covid-19 menjadi zona hijau. Ada tiga strategi yang akan digunakannya.

Pertama, mengedukasi msyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Masyarakat diminta untuk menggunakan masker dengan benar, menghindari kerumunan dan menjaga pola hidup bersih.

Kedua, Pemprov Sulsel aktif melakukan identifikasi terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

"Kenapa contact tracing? Ini supaya kita bisa menemukan orang-orang ke mana-mana menularkan, termasuk orang-orang tanpa gejala (OTG) maupun orang dalam pengawasan (ODP) perlu kita awasi," jelasnya dalam Talk Show 'Masa Transisi di Sulawesi: Strategi dari Zona Merah ke Zona Hijau?' yang disiarkan YouTube BNPB Indonesia, Rabu (10/6/2020).

Ketiga, melakukan pemeriksaan secara masif, baik menggunakan metode real time polymerase chain reaction (RT-PCR) maupun tes cepat molekuler. Selain itu, Pemprov Sulsel juga menambah kapasitas laboratorium pemeriksaan spesimen.

"Kami sungguh bersyukur mampu meningkatkan kapasitas lab dari kapasitas 350 spesimen per hari sekarang sudah bisa kita tes 800 spesimen per hari," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Menurun Drastis

Mantan Bupati Bantaeng ini berharap, ke depan jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Sulawesi Selatan menurun drastis. Jumlah pasien meninggal karena wabah asal Wuhan, China itu juga bisa ditekan. Dengan demikian, secara perlahan angka reproduksi R Covid-19 ditargetkan di bawah angka 1.

"Ini yang kita dorong sehingga betul-betul kita lakukan upaya-upaya agar bisa cepat mengendalikan Covid-19," tutup Nurdin.

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi zona merah Covid-19 di Tanah Air. Presiden Joko Widodo bahkan sudah meminta bantuan mantan Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla untuk menangani virus corona di wilayah tersebut.

Selain Sulsel, JK juga dimandatkan untuk menangani kasus Covid-19 di Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat