uefau17.com

Puluhan Ribu Polantas Siap Amankan Libur Idul Adha - News

, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap menjaga kelancaran lalin saat libur panjang Idul Adha mulai Jumat 10 September hingga Senin 12 September 2016. Korlantas Polri pun telah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Kepala Korlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto menyebut ada puluhan ribu personel gabungan yang dikerahkan pada libur panjang tersebut.

"Dengan kekuatan seluruh Indonesia sebanyak 44.373, yang 7.000 sekian dari kementerian terkait termasuk Perhubungan, Dinas PU, dan sebagainya, tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Agung di Korlantas Polri Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Pagi tadi, Korlantas Polri bersama lembaga terkait menggelar apel gabungan di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Ini berkaitan dengan antisipasi pergerakan manusia dan barang dari Jakarta ke Jawa.

Agung pun meminta agar seluruh anggota tidak arogan melainkan harus humanis. Kata dia, berikan masyarakat senyum salam sapa. Hal itu juga berguna agar masyarakat simpati dan tingkat kepercayaan mereka kepada petugas semakin meningkat.

"Berdasarkan info dari BMKG, keadaan cuaca, baik itu pagi, siang, atau malam akan ada hujan. Bawa perlengkapan yang berkaitan dengan hujan," imbau Agung.

"Tidak ada alasan nanti masyarakat butuh kehadiran kita, tidak ada alasan kita tidak bawa jas hujan," sambungnya.

Ia menuturkan kalau petugas akan mulai bergerak untuk melakukan pengamanan pada Jumat 10 September 2016 pagi besok. Para petugas akan mulai di pos masing-masing dan berakhir usai perayaan Idul Adha, Senin 12 September malam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brexit

Belajar dari pengalaman, Kepala Korlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto pun sudah menyiapkan antisipasi di Brebes Timur. Wilayah ini menjadi simpul kemacetan selama musim mudik Idul Fitri 2016.

"Sebagaimana kita cermati, saat libur Lebaran yang lalu terjadi kepadatan yang cukup panjang tepatnya di Brebes Timur, oleh karena itu kami bersinergi dengan kementerian terkait untuk mengantisipasi," ucap Agung.

"Karena kalau bicara lalu lintas itu tidak bisa dipecahkan secara sektoral, jadi harus secara komprehensif melibatkan seluruh stakeholder. Oleh karena itu, kami sudah berapa kali melaksanakan rapat dan sudah melaksanakan pengecekan langsung khususnya di Brebes Timur," sambung dia.

Menurut dia, dari hasil pengecekan langsung di Brebes Timur, masih ada perbaikan di beberapa titik di Tol Cipali.

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat nanti yang akan mudik tetap pertama hendaknya melihat kondisi kelayakan jalan kendaraan, dipastikan mungkin ban, rem, dan lampu penerangan, kemudian hendaknya sebelum berangkat kondisi tangki BBM dalam keadaan full untuk mengantisipasi kalau terjadi kemacetan nanti," papar Agung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat