uefau17.com

Jelajahi Keindahan Alam dan Situs Geopark Meratus di Daerah Loksado, Air Terjun Kilat Api hingga Bukit Langara - Lifestyle

, Hulu Sungai Selatan Sebagai situs warisan budaya Kalimantan Selatan, Geopark Meratus memiliki kekayaan situs yang menarik untuk dikunjungi. Kamu yang menyukai suasana alam pegunungan, hiking dan pemandian air panas, wajib sekali mengagendakan liburan ke daerah Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Di Loksado terdapat sejumlah situs dari Geopark Maratus yang menarik dan menjadi destinasi liburan yang seru.

1. Air Terjun Kilat Api

Air Terjun Kilat Api terletak di Desa Hulu Banyu, Loksado. Situs Kilat Api merupakan situs nomor 51 dari 54 situs yang berada di Geopark Meratus. Situs ini diperkirakan sudah berusia 95-135 juta tahun yang lalu. Situs Air Terjun Kilat Api memiliki kekayaan ekologi yang luar biasa dan penting untuk dilestarikan agar dapat dinikmati generasi masa depan.

2. Mata Air Panas Tanuhi

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi berendam air panas alamiah dan menyehatkan, bisa mengunjungi Mata Air Panas Tanuhi di Desa Tanuhi, Loksado. Sistem panas bumi di wilayah ini non vulkanik atau tidak berhubungan dengan pegunungan apik. Perlu kamu ketahui, jenis panas air non vulkanik ini berasal dari air yang mengalir melalui batuan lokal yang menyimpan panas sehingga menyebabkan munculnya air panas di permukaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bukit Langara

Destinasi atau situs kali ini cocok banget buat kamu yang suka hiking karena untuk menikmati pemandangan alam sesungguhnya kamu harus melewati perjalanan yang terjal. Namun, semua itu akan terbayarkan oleh indahnya suasana perbukitan Langara dan juga pemandangan Gunung Kentawan

Kawasan Bukit Langara dan pegunungan Kuntawan ini dilewati aliran sungai Amandit yang panjangnya dari pegunungan Meratus sampai Banjarmasin. Sungai  yang mengaliri wilayah Kalimantan Selatan.

Itulah sejumlah destinasi yang juga menjadi bagian dari situs Geopark Maratus yang saat ini tengah dalam proses pengakuan Situs Geopark Global oleh Unesco. Untuk tahu keseruan dan cuplikan pemandangannya, kamu bisa simak video Tim Jelajah Merdeka di Geopark Meratus, Kalimantan Selatan.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat