uefau17.com

Gubernur Arinal Djunaidi Senyum-Senyum Sambut Kunjungan Kerja Jokowi ke Lampung - Lifestyle

, Jakarta Presiden Jowo Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Lampung hari ini, Jumat (5/5/2023). Kabar tersebut diketahui dari unggahan terbaru akun Instagram Presiden Jokowi

"Tiba di Bandara Internasional Radin Inten II pagi ini untuk kunjungan kerja di Provinsi Lampung. Kedatangan saya disertai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Menteri Perdagangan. Saya hendak meninjau sejumlah ruas jalan di Lampung dengan mobil serta mengunjungi pasar di Kabupaten Lampung Selatan," bunyi keterangan unggahan, Jumat (5/5/2023). 

Mengutip unggahan Instagram Pemrov Lampung, disebutkan bahwa dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi rencananya akan bertandang ke beberapa lokasi, yaitu Pasar Tradisional Natar, Ruas Jalan Exit Tol ITERA, dan Ruas Jalan Simpang Randu - Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Dalam beberapa potret terlihat Gubernur Arinal Djunaidi yang memakai baju dinasnya ikut menyambut Jokowi. 

Presiden terlihat bersalaman, lalu tampak ekspresi Gubernur Arinal Djunaidi yang tak berhenti memberikan senyum ke orang nomor satu di Indonesia tersebut. Begitu juga saat Jokowi bersalaman dengan jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Kabar kunjungan kerja Presiden Jokowi tentu saja mendapat tanggapan warganet. "Deg-deg kan enggak pak Jokowi sudah tiba di Lampung," tulis warganet.

"Pak Jokowi jangan mau lewat yang diaspal.. yang diaspal cuma untuk yang dilewati pak Jokowi aja," sambung yang lain. "Bima said: Kena loh," timpal warganet. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Kumpulkan Data Jalanan Rusak Parah

Sebelumnya, mengutip kanal Bisnis , Presiden Jokowi mengatakan kunjungannya kali itu ingin mengecek soal laporan jalanan rusak di Lampung yang sempat viral di media sosial. "Saya ingin memastikan, mau lihat, betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar atau nggak bener," ungkap Jokowi di Sarinah Jakarta, Kamis, 4 Mei 2023.

Menurut Jokowi, pemerintah baru mengumpulkan data-data mengenai jalan-jalan rusak parah di kabupaten/kota maupun provinsi. Jokowi menyadari bahwa anggaran di provinsi dan kabupaten/kota hanya sedikit yang ditujukan untuk infrastruktur.

Ia sempat meminta agar jalan rusak di Provinsi Lampung, yang viral beberapa waktu lalu, segera diperbaiki. Jokowi mengatakan, Kementerian PUPR siap mengambil alih jika pemerintah daerah setempat tak mampu memperbaiki jalan.

"Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan rusak), yang bisa, yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih Kementerian PU, utamanya jalan yang rusak parah," papar Jokowi setelah meninjau Pasar Natar Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

3 dari 4 halaman

Jokowi Ikut Tinjau Harga Sembako

Kunjungan Jokowi ke Lampung juga turut meninjau harga sembako di pasar. "Ya setelah ini (dari pasar), saya mau lihat jalan-jalan yang ada di Lampung," ujarnya.

Jokowi menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur jalan untuk mendukung mobilitas orang dan barang. Ia menyampaikan biaya logistik akan tergantung pada infrastruktur yang ada.

"Ini melihat kita melihat inflasi, lihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," sebutnya.

Mengutip dari kanal News , pihak Istana membantah Jokowi akan menggunakan helikopter dan sepeda motor ke lokasi peninjauan jalan rusak. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan Jokowi bertolak ke lokasi jalan rusak dengan menggunakan mobil.

"Hanya menggunakan mobil. Tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor," jelas Bey kepada awak media, Jumat (5/5/2023).

4 dari 4 halaman

Jalanan Rusak Viral Berkat Tiktokers

Diketahui, rusaknya jalanan di Lampung mulai viral usai Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahan akan kampung halamannya. Ia merasa kampungnya di Lampung tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pun mendapat respons positif. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat seperti tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan.

Menjelang kedatangan Presiden Jokowi, sejumlah titik yang rusak di jalan Terusan Ryacudu, Lampung telah ditimbun dengan batu-batuan koral. Timbunan lubang batu coral itu terlihat berada di depan Kantor Polda Lampung dan Itera. Bahkan, telah terpasang banner imbauan berwarna kuning bertuliskan hati-hati jalan berlubang di sebelah kiri jalan, menurut pantauan Antara.

Bukan hanya itu, memasuki Kota Baru di Kecamatan Jati, Lampung Selatan, terdapat jalan yang terlihat bagus dengan rigid beton kurang lebih 500 meter dihitung dari perempatan lampu merah menuju pintu Tol Itera. Namun, jalan hingga menuju ke lokasi bangunan perkantoran yang terbengkalai di Kota Baru tampak rusak parah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat