uefau17.com

Pakar Etiket Inggris Kritik Orang Makan Nasi Pakai Tangan, Warga Asia Meradang - Lifestyle

, Jakarta - Cara atau kebiasaan makan di tiap negara biasanya berbeda. Begitu juga dengan cara makan nasi yang juga berbeda, terutama di Asia dan Eropa. Belum lama ini unggahan seorang pakar etiket dari Inggris di media sosial membuat marah dan dikritik banyak warganet.

Dalam cuitan pada 6 Maret 2021 tersebut, ia mengklaim kalau nasi harus dimakan dengan pisau, garpu, atau sumpit, bukan tangan dan jari.

"Para wanita dan pria yang terhormat, selalu ingat kalau kita menggunakan pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi! Kita tidak menggunakan jari atau tangan!!!" tulis pria bernama Grant Harrold tersebut di Twitter.

Harold disebutkan merupakan mantan kepala pelayan di kediaman Pangeran Charles. Seperti juga di Indonesia, nasi adalah makanan pokok mayoritas masyarakat India, terutama di India selatan. Kebanyakan orang suka makan nasi dengan tangan.

Dilansir dari NDTV Food, Senin, 8 Maret 2021, ini adalah kebiasaan yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak juga yang meyakini bahwa makanan akan terasa lebih enak jika dimakan langsung dengan tangan, bukan alat makan apa pun.

Jadi, tak heran kalau cuitan pakar etiket asal Inggris itu membuat marah orang-orang dengan cuitannya yang menentang keyakinan mereka. Banyak warganet India yang menyerang unggahan itu. Mereka tidak terima praktik makan nasi mereka dijatuhkan seperti itu.

Bahkan, ada yang menganggap komentar Harold bernada rasis. Kolom komentar cuitan tersebut lantas dipenuhi oleh orang-orang yang memberi kritikan.

"Itu hak mereka sendiri untuk makan nasi pakai apapun yang mereka mau. Kebanyakan dari kita, pakai jari / tangan," tulis seorang warganet.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Etiket Cara Inggris

"Jika etiket Anda mengajari Anda untuk mengolok-olok budaya seseorang, maka ada kebutuhan untuk meningkatkan etiket Anda..," komentar warganet lainnya.

Ada juga yang membandingkan dengan kebiasaan orang Barat yang membersihkan kotoran dengan tisu, bukan dengan air mengalir. "opinimu tak valid, cuci dulu area intimmu dengan air, baru kita bicara," tulis seorang warganet.

Ada juga yang kaget melihat foto unggahan Harold karena ia memerlihatkan makan nasi dengan pisau dan garpu. Pisau berada di tangan kanannya yang berarti ia menyantap makanan dengan pisau.

Harold sendiri terlihat membalas komentar warganet pada Selasa, 9 Maret 2021, ia menuliskan: "Etiket saya adalah etiket cara Inggris bukan etiket di seluruh dunia, seperti tertera di bio saya."

Sampai berita ini ditulis, cuitan tentang cara makan nasi itu sudah ditanggapi lebih dari 8.700 kali dan disukai lebih dari 1.300 kali.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat