uefau17.com

8 Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri agar Makin Percaya Diri - Lifestyle

, Jakarta Kuliah di luar negeri adalah hal yang sangat diimpikan bagi sebagian orang. Menimba ilmu di negeri orang bukanlah hal yang mudah, Anda perlu persiapan yang matang agar segala sesuatu yang direncanakan akan berjalan lebih lancar. Nah, cek tips persiapan rencana kuliah ke luar negeri berikut ini.

Persiapan Kuliah Di Luar Negeri

1. Belajar Mandiri

Hidup di luar negeri maka Anda akan dituntut untuk hidup mandiri. Maka dari itu, cobalah untuk belajar mandiri sedari sekarang agar tidak shock saat berada di luar negeri sendiri. Kehidupan di Indonesia dan luar negeri akan sangat berbeda seperti saat Anda mencari makan, beli kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain. Maka, penting sekali untuk selalu terbiasa mandiri untuk diri sendiri.

2. Hal yang Harus Dipersiapkan

Jika Anda sudah menentukan untuk kuliah di luar negeri, maka butuh beberapa waktu untuk mempersiapkan semuanya, seperti:

• Syarat pendaftaran

• Proses pendaftaran

• Membuat visa pelajar

• Dan persiapan lainnya.

Persiapan lainnya seperti:

• Cari informasi tentang program perkuliahan

• Persyaratan masuk

• Cara mendaftar

• Cari beasiswa secepat mungkin

3. Cari Informasi Program Kuliah

Jika ingin kuliah di luar negeri, tentu Anda harus mencari informasi tentang program perkuliahan dari berbagai kampus di setiap negara. Informasi tentang hal ini biasanya disampaikan dalam Bahasa inggris, jadi penting banget kan untuk kamu mampu berbahasa inggris. Setiap kampus dan program kuliah juga memiliki masa sekolah yang beraneka ragam dengan biaya yang variatif.

4. Menyiapkan Biaya Kuliah

Jika Anda ingin kuliah ke luar negeri, maka hal penting lainnya yang perlu disiapkan adalah biayanya. Namun, tak semua kampus di luar negeri menawarkan program perkuliahan dengan harga mahal, seperti kuliah S1 di Jerman yang lebih murah dari universitas-universitas elit di Indonesia. Untuk menekan biaya kuliah disana, Anda juga bisa mencari kerja part time yang bisa dilakukan diluar jam kuliah Anda. Jangan lupa juga untuk cari tahu kisaran biaya hidup di negara yang ingin Anda tuju.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri agar Makin Percaya Diri

5. Asuransi Kesehatan

Di beberapa negara seperti Inggris, Amerika dan Australia mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Beberapa universitas akan merekomendasikan asuransi, tetapi Anda bisa mengambilnya atau ambol sendiri dari asuransi luar.

6. Alat Komunikasi (Skype)

Jika ingin tetap berkomunikasi sambil tatap muka dengan keluarga di Indonesia, maka Anda bisa menggunakan skype. Walaupun terdengar sederhana namun sangatlah penting untuk tetap memberikan kabar dan menjaga komunikasi dengan orang tua di Indonesia.

7. Belajar Budaya Negara yang dituju

Penting juga untuk belajar budaya dari negara yang ingin Anda tempati nantinya. Setiap negara memiliki kultur yang berbeda sehingga akan berpengaruh juga dengan bagaimana Anda bersosialisasi nantinya. Selain itu, cuaca dan musim setiap negara juga berbeda, maka penting untuk tahu sehingga bisa mempersiapkan perlengkapan apa saja yang akan disiapkan.

3 dari 3 halaman

8 Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri agar Makin Percaya Diri

8. Belajar Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing sangatlah diperlukan, paling utama adalah Bahasa inggris. Ambillah kursus Bahasa inggris yang mampu mendukung komunikasi Anda selama kuliah di luar negeri. Hal ini tak hanya penting untuk mampu berkomunikasi dengan lawan bicara tetapi juga saat belajar di perkuliahan dan membaca buku kuliah.

Anda bisa memilih VISTA Education Corp sebagai konsultan pendidikan kuliah ke luar negeri Anda. Lebih dari 300 institusi di berbagai negara bekerja sama dengan VISTA Education Corp. Sebelum siap kuliah di luar negeri, maka siapkan kemampuan Bahasa inggris Anda dengan mengikuti simulasi tes IELTS/IBT/TOEIC. Program ini ditawarkan diskon hanya Rp 50.000 dari harga normal Rp 1.5 juta dengan voucher Lakupon. Dapatkan penawarkan spesial promo ini DISINI.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat