uefau17.com

Top 3 Islami: Waktu Terbaik Sholat Taubat dan Hajat, Kisah Gus Baha Bertemu dengan Kiai yang Sholatnya Lama - Islami

, Jakarta - Umat beriman dianjurkan untuk taubat tiap waktu. Pasalnya, manusia tak pernah luput dari kesalahan.

Bertobat juga bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat taubat, sebagai wujud kesungguhan tidak melakukan kesalahan yang sama dan memohon agar Allah SWT senantiasa menjaga kita dari maksiat.

Artikel yang mengulas waktu terbaik sholat taubat dan sholat hajat menjadi yang terpopuler di kanal Islami , Jumat (19/7/2024).

Artikel tersebut juga dilengkapi dengan bacaan doa setelah sholat taubat dan hajat.

Artikel kedua yang juga populer adalah bacaan doa pelebur dosa, yang sangat baik diamalkan pada Hari Jumat.

Sementara, artikel ketiga yaitu kisah Gus Baha ketika bertemu dengan kiai yang sholatnya lama.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Piliahan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Waktu Terbaik Sholat Taubat dan Hajat, Lengkap dengan Bacaan Doanya

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Sholat juga menjadi ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat nanti.

Tak hanya sholat fardhu, ada banyak anjuran sholat sunnah yang dapat dikerjakan bagi umat muslim. Selain bernilai pahala, ibadah sunnah ini juga menjadi penyempurna ibadah wajib.

Terdapat banyak macam sholat sunnah yang dapat dikerjakan. Di antaranya adalah sholat sunnah taubat dan hajat.

Sholat taubat ditujukan untuk memohon ampunan Allah dari segala dosa perbuatan semasa hidup. Sedangkan, sholat hajat dilakukan untuk memohon agar segala keinginan dapat terwujud.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat taubat dan hajat? Berikut penjelasannya merangkum dari laman merdeka.com dan NU Online.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Bacaan Doa Pelebur Dosa, Amalkan Setiap Pagi di Hari Jumat

Hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Pada hari Jumat, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk memohon ampunan.

Doa adalah cara untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Amalan ini disebut dengan doa pelebur dosa.

Doa Jumat pagi merupakan salah satu ibadah yang penting. Doa ini juga diyakini dapat melebur dosa-dosa yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Dengan mengamalkan doa Jumat pagi, Insya Allah keberkahan akan segera diraih. Semoga kita dapat merasakan ketenangan batin, dan mendapatkan pengampunan dari-Nya. 

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah bacaan doa jumat pagi yang dapat melebur dosa, lengkap dengan latin dan artinya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kisah Gus Baha saat Bertemu Kiai yang Sholatnya Lama

KH Ahmad bahauddin Nursalim (Gus Baha), seorang ulama yang dikenal luas di Indonesia, menceritakan sebuah pengalaman menarik yang pernah dialaminya. Gus Baha berkisah tentang pertemuannya dengan seorang kiai yang dikenal sangat khusyuk dan sering memperpanjang sholatnya.

Mengutip video di kanal YouTube @beneling296, dalam video tersebut, Gus Baha mendiskusikan kebiasaan sholat lama dengan kiai tersebut.

"Saya pernah cerita ke kiai yang khusyuk kalau sholat lama sekali, tak ceritain hadis nabi itu nggak pernah menegur orang yang sholat cepat," ungkap Gus Baha.

Menurutnya, Nabi Muhammad SAW tidak pernah menegur orang yang sholat cepat, melainkan menegurnya imam yang memperlama sholat hingga membuat jamaah merasa tidak nyaman.

Gus Baha menjelaskan bahwa dalam ajaran Islam, keseimbangan dalam beribadah sangat penting. Ia mengutip sebuah hadis yang menyebutkan bahwa memperlama sholat bisa membuat umat merasa tidak nyaman.

"Dalam Islam, sholat yang terlalu lama kata nabi bikin umat ini nggak nyaman," jelasnya.

Selengkapnya baca di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat