uefau17.com

Doa Agar Dimudahkan Berangkat Haji dan Umrah, Yuk Segera Amalkan! - Islami

, Jakarta - Tak lama lagi umat muslim dunia akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha. Mengacu pada kalender Masehi tahun ini, lebaran Idul Adha jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Hal itu juga menjadi pertanda musim haji telah tiba. Sehingga seluruh umat Islam yang telah mendapatkan antrian sudah bersiap dan berangkat menuju Tanah Suci.

Namun, tak semua orang bisa mendapat kesempatan untuk pergi ke Baitullah. Tak jarang, hal ini membuat hati turut merasa haru dan ingin juga merasakan ibadah haji.

Selain berikhtiar untuk mengumpulkan rezeki, kita juga juga harus mengiringinya dengan doa. Sebab ketika Allah SWT sudah mengizinkan, maka akan selalu ada jalan untuk memenuhi panggilan-Nya.

Berikut adalah bacaan doa serta sholawat agar disegerakan berangkat haji serta umrah sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id melalui berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perintah Haji dalam Al-Qur'an

Haji adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu. Perintah tersebut juga telah dijelaskan dalam beberapa firman Allah SWT. 

Surah Al-Hajj Ayat 27َ

اَذِّنْ فِى النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالًا وَّعَلٰى كُلِّ ضَامِرٍ يَّأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ ۙ

Artinya:

"Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh."

Surah Ali-Imran Ayat 97

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya:

"Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam."

3 dari 3 halaman

Doa dan Sholawat agar Segera Haji atau Umrah

Selain berikhtiar mengumpulkan rezeki, kita jangan sampai lupa untuk berdoa. Berikut adalah bacaan doa dan sholawat agar segera berangkat haji serta umrah.

Doa agar Dimudahkan Berangkat Haji atau Umrah

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim.

Artinya: "Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Sholawat agar Dimudahkan Berangkat Haji atau Umrah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat