uefau17.com

Keutamaan Membaca Surah Al-Fil, Lengkap dengan Bacaan dan Kandungannya - Islami

, Jakarta - Surah Al-Fil merupakan salah satu surah yang diturunkan di Kota Makkah setelah surah Al-Kafirun, sehingga digolongkan dalam surah makkiyah. Nama surah Al-Fil diambil dari kata "al-fil" yang berarti gajah, terdapat dalam ayat pertama surah ini.

Inti pokok surah Al-Fil menceritakan tentang pasukan bergajah yang diazab oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung untuk membinasakan mereka. Pasukan yang menunggangi gajah itu dipimpin oleh penguasa Yaman yakni Abrahah.

Abrahah bertujuan ingin meruntuhkan Ka’bah di Mekkah. Peristiwa ini terjadi pada tahun saat Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

Dalam surah ini dijelaskan bagaimana Allah SWT membalas perlakuan kaum Quraisy yang ingin menghancurkan Ka’bah. Selain itu, makna yang terkandung di dalamnya adalah sebagai pembuktian bahwa akan ada kebinasaan bagi mereka para pendurhaka.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Surah Al-Fil beserta Kandungannya

1. اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

Artinya: “Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?”

2. اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

Artinya: “Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?”

3. وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

Artinya: “Dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong”

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ.4 

Artinya: “Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar”

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ 5.

Artinya: “Sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).”

Isi Kandungan Surah Al Fil

a. Surah Al- Fil mengisahkan kehancuran Abrahah dan pasukan bergajah yang hendak menyerbu Makkah.

b. Surah ini mengajak Rasulullah dan umatnya, termasuk orang-orang Quraisy, untuk memperhatikan tanda kekuasaan Allah khususnya dari sejarah.

c. Surah Al Fil mengingatkan nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy. Allah telah menyelamatkan mereka dari pasukan Abrahah tersebab perlindungan-Nya kepada Ka’bah yang ada di tengah-tengah suku Quraisy.

d. Allah Maha Kuasa, segala kekuasaan tunduk pada kekuasaan-Nya. Maka siapa yang dilindungi-Nya, tidak ada yang mampu mencelakainya. Sebaliknya, siapa yang dihancurkan Allah, tidak ada yang mampu melindunginya.

e. Sangat mudah bagi Allah untuk menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sangat mudah bagi Allah menghancurkan siapa yang ingin dihancurkan-Nya. Juga sangat mudah bagi Allah menghadirkan cara dan jalan kehancuran musuh-musuh-Nya.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Fil

Surah ini dapat dibaca ketika tengah menjalankan ibadah sholat fardhu maupun sholat sunnah. Berikut beberapa keutamaan membaca surah Al-Fil:

1. Apabila tengah terlibat dalam sebuah pertikaian atau pertempuran, maka surah ini InsyaAllah dapat memberikan rasa takut dan was-was kepada musuh.

2. Menjauhkan tangan-tangan jahat, terutama jika dibaca ketika salat subuh bersamaan dengan surah Al-Insyirah.

3. Apabila dibaca secara rutin, maka dapat menjadi penolong diri terutama di saat tengah menghadapi permasalahan yang rumit.

4. Dimurahkan rezeki oleh Allah SWT

5. Apabila ditanamkan dalam diri anak sejak dini, maka akan memberikan kepercayaan kepada mereka bahwa pertolongan Allah SWT akan selalu dekat dalam melindungi umat-Nya dari niat yang jahat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat