uefau17.com

Los Lambuang Mini, Tempat Berburu Takjil di Padang Panjang - Islami

, Padang Panjang - Beragam jenis menu pabukoan atau takjil dan lauk pauk tersedia di Los Lambung Mini, Kelurahan Tanah Pak Lambik (TPL), Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Lokasi baru ini menjadi tempat berburu pabukoan bagi warga setempat.

Berawal dari ide Ketua RT 5, Junaida, ia memberi masukan kepada warganya untuk berjualan di Los Lambung ini.

"Awalnya,saya melihat lokasinya sangat strategis. Berada di jalur orang ke pasar,  saya mendapatkan ide kenapa kita tidak jualan di sini," katanya, Senin (27/3/2023).

Sistem untuk jualan di lokasi yang berada di pinggir jalan ini, kata Junaida, mereka mengumpulkan dana untuk sewa tenda dan membuat spanduk promosinya.

Dari ide ini, ada delapan warganya yang mau berjualan di sini. Mereka beragam membuat masakan dan menu untuk berbuka. Mulai dari gulai cancang, ikan bakar, samba buruak-buruak, talua balado, ayam bumbu, gulai taoco, dan gulai cangkuak.

Selain itu untuk takjil ada onde-onde, lapek, kolak pisang, bubua dalimo, sup buah, dan karupuak kuah pical.

"Semua masakan ini berbeda-beda orangnya dan masyarakat yang mau beli pun bebas tinggal pilih untuk belanja di sini," ujarnya.

Dari Los Lambung ini, Junaida berharap dapat menghasilkan walaupun berjualan hanya saat Ramadan ini.

Salah seorang warga TPL, Ira Eristira merasa sangat terbantu dan bersyukur dengan adanya Los Lambung ini. Ia tidak perlu jauh-jauh lagi untuk belanja.

"Dari segi rasa, di Los Lambung ini yang sudah ia cicipi sendiri makanannya, tidak kalah jauh dari tempat lain. Makanannya enak-enak semua," sebutnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Pabukoan Lain di Padang Panjang

Selain los lambuang mini, juga terdapat pasar pabukoan lainnya di Padang Panjang. Tujuh Pasar Pabukoan beroperasi di sejumlah kelurahan di kota itu.

Pasar Pabukoan yang menyajikan berbagai menu berbuka puasa itu, di antaranya ada di depan Kantor Lurah Ekor Lubuk. Lalu di Kelurahan Ganting berlokasi di Tanjung dan Kelok Kabuik. Kelurahan Pasar Baru di depan kantor lurah.

Di Kelurahan Koto Panjang berlokasi di Simpang Islamic Center dan Bancalaweh. Kelurahan Tanah Pak Lambik berlokasi di depan Perumahan Saiyo. Di Kelurahan Guguk Malintang berlokasi di Pasar Kuliner.

Keberadaan Pasar Pabukoan sangat membantu perekonomian masyarakat. Serta memudahkan masyarakat dalam mencari menu untuk berbuka puasa, karena jarak tempuh jadi dekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat