uefau17.com

Daftar 16 Aplikasi Pinjaman Online Legal Terbaru OJK, Cek Syarat Sebelum Utang - Hot

, Jakarta Aplikasi pinjaman online saat ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kemudahan dan kecepatan dalam mengajukan pinjaman, tanpa harus menghadap langsung ke bank. Namun, ketika menggunakan aplikasi pinjaman online, penting untuk memilih yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab, untuk mengawasi dan mengatur semua perusahaan keuangan di Indonesia. Mereka memastikan bahwa aplikasi pinjaman online yang terdaftar di regulasi OJK, telah memenuhi persyaratan yang ketat dan dipercaya oleh masyarakat. Dengan menggunakan aplikasi yang sudah terdaftar di OJK, nasabah dapat merasakan perlindungan dan keamanan dalam transaksi pinjaman online.

Seperti namanya, aplikasi pinjaman online memberikan suku bunga yang terjangkau bagi masyarakat. Bunga rendah ini memberikan keuntungan bagi para peminjam, karena cicilan yang harus dibayarkan tidak terlalu memberatkan. Pinjaman dengan bunga rendah dapat membantu masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan mendesak atau membiayai kegiatan bisnis mereka.

Dalam memilih aplikasi pinjaman online, penting juga untuk mempertimbangkan faktor keamanan dan bunga yang ditawarkan. Berikut ini sejumlah daftar aplikasi pinjaman online yang rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2024). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sekilas Tentang Pinjaman Online dan Syarat-Syaratnya

Pinjaman Online atau yang lebih dikenal sebagai pinjol, adalah bentuk pinjaman yang dilakukan secara daring melalui aplikasi atau situs web, tanpa memerlukan jaminan atau aset fisik. Ini berarti proses peminjaman dan pemberian pinjaman dapat dilakukan sepenuhnya secara digital, tanpa pertemuan tatap muka antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Biasanya, aplikasi pinjaman online difasilitasi oleh lembaga keuangan berbasis online atau melalui platform Peer-to-Peer (P2P) Lending. P2P Lending ini merupakan bagian dari Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI). Dalam praktiknya, pinjol ini diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Peraturan OJK (POJK) No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Pinjaman online menawarkan sejumlah kemudahan bagi para peminjam. Salah satu keunggulan utamanya adalah kecepatan dan efisiensi proses pengajuan pinjaman. Dengan hanya mengisi formulir aplikasi online dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan, peminjam bisa mendapatkan persetujuan pinjaman dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa platform bahkan mampu memberikan keputusan dalam hitungan menit atau jam.

Sebelum mengajukan pinjaman online, penting untuk memahami dan memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan oleh penyedia layanan. Berikut adalah beberapa syarat yang umumnya diperlukan untuk mengajukan pinjaman online:

1. Calon peminjam harus berusia minimal 21 tahun. Batasan usia ini ditetapkan untuk memastikan bahwa peminjam memiliki kemampuan hukum dan finansial, untuk mengelola pinjaman. Bukti usia biasanya diberikan melalui kartu identitas resmi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Hanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat mengajukan pinjaman online di Indonesia. Calon peminjam harus membuktikan status kewarganegaraan mereka dengan menyertakan KTP yang sah.

3. Peminjam harus memiliki pekerjaan atau sumber penghasilan tetap. Bukti pekerjaan biasanya disertakan dalam bentuk surat keterangan gaji atau slip gaji terbaru. Hal ini penting untuk menunjukkan kemampuan peminjam dalam mengembalikan pinjaman.

4. Calon peminjam harus menyiapkan dan menyertakan dokumen pribadi yang lengkap dan asli. Dokumen yang biasanya diminta meliputi KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan slip gaji. Kelengkapan dan keaslian dokumen ini sangat penting, untuk memperlancar proses persetujuan pinjaman.

5. Calon peminjam harus memiliki rekening bank yang aktif. Rekening bank ini akan digunakan untuk menerima dana pinjaman dan juga untuk melakukan pembayaran angsuran. Pastikan rekening bank tersebut terdaftar atas nama peminjam.

3 dari 5 halaman

Daftar Aplikasi Pinjaman Online

1. Tunaiku

Tunaiku menawarkan kemudahan dalam pengajuan pinjaman tanpa perlu melalui proses survey dari pihak bank. Cukup dengan menggunakan aplikasi dan KTP, Anda bisa mengajukan pinjaman tunai hingga Rp20 juta. Tunaiku menetapkan suku bunga sebesar 1,49% per bulan dengan pilihan tenor mulai dari 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, hingga 20 bulan. Proses yang mudah dan cepat membuat Tunaiku menjadi pilihan menarik untuk kebutuhan mendesak. Selain itu, Tunaiku memberikan kemudahan kepada peminjam untuk melacak status pinjaman dan melakukan pembayaran melalui aplikasi, sehingga memudahkan manajemen keuangan bagi pengguna.

2. Kredivo

Kredivo dikenal dengan layanan paylater-nya, namun juga menyediakan fasilitas pinjaman tunai hingga Rp30 juta. Anda hanya memerlukan KTP untuk mengajukan pinjaman. Suku bunga Kredivo mulai dari 2,6% per bulan dengan pilihan jangka waktu kredit 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 18 bulan. Fleksibilitas tenor dan suku bunga yang kompetitif menjadikan Kredivo salah satu aplikasi pinjaman online favorit. Selain itu, Kredivo memiliki fitur tambahan seperti pembelian barang secara cicilan tanpa kartu kredit, yang memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna dalam mengelola keuangan mereka.

3. Akulaku

Akulaku menawarkan pinjaman tunai dan kredit konsumen tanpa perlu menyiapkan dokumen fisik. Cukup dengan foto KTP, Anda bisa mengakses pinjaman tunai hingga Rp15 juta dengan bunga 0,5% per bulan. Akulaku menyediakan berbagai pilihan tenor mulai dari 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan. Proses yang praktis dan cepat menjadikan Akulaku solusi tepat bagi yang membutuhkan dana segera. Selain itu, Akulaku juga menawarkan berbagai produk lain seperti cicilan tanpa kartu kredit dan layanan belanja online dengan pembayaran fleksibel, sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna.

4. Kredit Pintar

Kredit Pintar memungkinkan Anda mengajukan pinjaman hingga Rp20 juta hanya dengan foto selfie sambil memegang KTP. Fintech ini menawarkan jangka waktu pinjaman yang fleksibel, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Suku bunga yang diterapkan Kredit Pintar berupaya mengikuti ketentuan OJK, yaitu maksimal 0,2% per hari, sehingga tetap terjangkau. Kredit Pintar juga menawarkan berbagai fitur keamanan seperti enkripsi data dan proteksi privasi, memastikan informasi pribadi pengguna tetap aman dan tidak disalahgunakan.

5. Dana Rupiah

Dana Rupiah menyediakan layanan pinjaman online hingga Rp10 juta dengan tenor maksimal 12 bulan. Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 1,95% per bulan, termasuk rendah dibandingkan pinjaman online lainnya. Proses pengajuan yang sederhana dan cepat menjadikan Dana Rupiah pilihan yang patut dipertimbangkan. Dana Rupiah juga menawarkan layanan pelanggan yang responsif dan siap membantu pengguna dalam mengatasi masalah atau menjawab pertanyaan seputar pinjaman.

6. Spinjam

Spinjam adalah layanan pinjaman tunai dari Shopee yang menawarkan cicilan hingga 12 bulan. Layanan ini menarik perhatian dengan plafon pinjaman hingga Rp50 juta, dan proses pencairan yang hanya memakan waktu 5 menit. Bagi pengguna Shopee, Spinjam menjadi solusi pinjaman yang mudah diakses dan cepat. Selain itu, pengguna Spinjam dapat memanfaatkan integrasi dengan ekosistem Shopee untuk berbagai transaksi lain, sehingga memberikan kenyamanan dalam berbelanja online dan mengatur keuangan.

7. Dana Bijak

Dana Bijak merupakan aplikasi pinjaman online yang aman karena sudah terdaftar di OJK. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan plafon mulai dari Rp300 ribu hingga Rp20 juta. Pilihan tenor yang ditawarkan juga cukup fleksibel, mulai dari 30 hari hingga 90 hari. Dana Bijak cocok untuk kebutuhan pinjaman jangka pendek dengan proses pencairan yang cepat. Dana Bijak juga menawarkan edukasi finansial bagi pengguna, membantu mereka memahami cara mengelola keuangan dengan lebih baik dan menghindari jeratan utang yang berlebihan.

4 dari 5 halaman

8. Investree

Investree adalah salah satu perusahaan fintech terkemuka di Indonesia yang berfokus pada layanan pinjaman peer-to-peer (P2P) lending. Calon peminjam (borrower) mengajukan pinjaman dengan mengisi informasi yang diperlukan melalui aplikasi atau situs web Investree. Tim Investree kemudian melakukan analisis risiko, dan menentukan kelayakan pinjaman tersebut. Jika disetujui, pinjaman tersebut akan ditawarkan kepada para pendana (lender) di platform. Peminjam harus membayar pinjaman sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Investree. Menurut laporan dari Kontan, hingga awal tahun 2020, Investree telah mencatat total fasilitas pinjaman sebesar Rp4,44 triliun. 

9. Amartha

Amartha didirikan pada tahun 2011, adalah pionir dalam layanan fintech P2P lending di Indonesia. Perusahaan ini dikenal karena misinya untuk memberdayakan ekonomi desa, dengan menyediakan akses ke pinjaman bagi pengusaha mikro dan kecil, yang sering kali sulit mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan tradisional. Amartha telah diakui secara internasional dengan meraih peringkat tertinggi dari Global Impact Investing Rating System (GIIRS) sebagai perusahaan yang berdampak sosial tinggi. Amartha menawarkan keuntungan yang menarik bagi investor dengan potensi imbal hasil hingga 15% per tahun dan aliran kas mingguan. 

10. Dompet Kilat

Dompet Kilat adalah platform pinjaman online yang menekankan pada penggunaan teknologi untuk kemudahan akses. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi di handphone, memungkinkan pengguna untuk mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja selama memiliki koneksi internet. Dengan slogan "mudah, cerdas, dan aman," Dompet Kilat memastikan proses pinjaman yang cepat dan efisien.

Untuk mengajukan pinjaman di Dompet Kilat, pengguna hanya perlu mengikuti tiga langkah mudah: unduh aplikasi dari Play Store, isi data pribadi yang diperlukan dalam waktu kurang dari tiga menit, dan ajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Setelah disetujui, dana pinjaman akan dikirim langsung ke rekening bank pengguna. Dompet Kilat menargetkan pengguna dari kalangan bawah dengan nominal pinjaman yang kecil dan jangka waktu yang singkat, menjadikannya solusi ideal untuk kebutuhan dana mendesak.

11. Kimo

Kimo adalah aplikasi pinjaman online yang dikelola oleh PT Creative Mobile Adventure. Aplikasi ini dirancang untuk kemudahan penggunaan, memungkinkan pengguna untuk mengajukan pinjaman hanya dengan menggunakan handphone. Kimo sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai usaha jual pulsa atau bisnis kecil lainnya. Proses pengajuan pinjaman di Kimo sangat sederhana: unduh aplikasi dari Play Store, lakukan registrasi akun, ajukan pinjaman, dan gunakan dana pinjaman untuk membeli stok pulsa atau kebutuhan lainnya. Dengan Kimo, Anda tidak perlu repot mencari modal awal untuk membeli stok pulsa karena Kimo menyediakan fasilitas peminjaman yang cepat dan mudah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik bagi pengusaha kecil yang membutuhkan modal tambahan untuk memperluas bisnis mereka.

12. Indodana

Indodana adalah salah satu platform pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK, menawarkan berbagai produk pinjaman dengan bunga kompetitif. Salah satu keunggulan Indodana adalah pilihan pinjaman dengan bunga 0 persen untuk tenor 3 bulan, serta opsi cicilan hingga 12 bulan dengan bunga yang rendah. Jumlah dana yang bisa dipinjam bervariasi mulai dari Rp1 juta hingga Rp15 juta, memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan mereka. Proses pendaftaran di Indodana sangat mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu mengunggah foto selfie dengan KTP untuk verifikasi identitas. Indodana juga menawarkan layanan keuangan lainnya, yang dapat membantu pengguna dalam mengelola keuangan pribadi mereka.

 

5 dari 5 halaman

13. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat adalah platform pinjaman online yang menawarkan pinjaman, dengan batas maksimal Rp10 juta. Proses pengajuan pinjaman di Rupiah Cepat sangat sederhana, hanya memerlukan lampiran KTP sebagai syarat utama. Bunga yang ditawarkan oleh Rupiah Cepat juga tergolong rendah, yaitu 24 persen per tahun, membuatnya menjadi opsi yang menarik bagi mereka yang membutuhkan dana cepat dengan jumlah tidak terlalu besar. Rupiah Cepat memberikan solusi yang cepat dan efisien bagi pengguna yang membutuhkan dana mendesak, dengan proses pengajuan dan pencairan yang mudah dan cepat.

14. Danamas

Danamas adalah aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar di OJK, menawarkan berbagai jenis pinjaman tanpa agunan. Pengguna dapat meminjam hingga Rp7,5 juta dengan tenor 3 bulan. Untuk kebutuhan usaha, Danamas juga menyediakan fitur kredit produktif yang memungkinkan pengguna mendapatkan pinjaman hingga ratusan juta sebagai modal usaha. Danamas menawarkan proses pencairan dana yang cepat dan mudah, tanpa memerlukan agunan apapun. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang membutuhkan modal tambahan untuk usaha atau kebutuhan pribadi.

15. Akseleran

Akseleran adalah platform P2P lending yang cocok untuk mereka yang ingin membuka usaha atau membutuhkan pinjaman pribadi. Pengguna dapat mengajukan pinjaman hingga Rp15 juta dengan bunga 3,99 persen per bulan. Tenor yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 2, 3, 6, hingga 12 bulan, memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan mereka. Akseleran memastikan proses pinjaman yang aman dan cepat, dengan transparansi dalam setiap transaksi yang dilakukan di platform mereka. Ini membuat Akseleran menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kebutuhan pinjaman usaha atau pribadi.

16. Maucash

Maucash adalah aplikasi pinjaman online yang juga terdaftar di OJK, menawarkan pinjaman dengan batas maksimal Rp15 juta. Biaya layanan yang dikenakan bervariasi, mulai dari nol persen hingga 3,75 persen per bulan, tergantung pada jumlah pinjaman dan tenor yang dipilih. Tenor pinjaman juga bervariasi dari 61 hari hingga 18 bulan, memberikan pilihan yang fleksibel bagi pengguna. Maucash menawarkan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat, dengan persyaratan yang tidak rumit. Ini menjadikannya salah satu pilihan yang populer bagi mereka yang membutuhkan dana cepat dengan proses yang transparan dan aman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat