uefau17.com

9 Penemuan yang Berasal dari Karya Anak-anak, Mengagumkan - Hot

, Jakarta Perubahan di dunia kerap kali diasumsikan sebagai hasil dari tindakan orang dewasa. Padahal anak-anak juga dapat memberi kontribusi pada perubahan-perubahan yang terjadi di dunia. Banyak penemuan-penemuan keren adalah karya dari kreatifitas anak-anak.

Kreativitas pada anak-anak merujuk pada kemampuan mereka untuk berpikir dan bereksplorasi dengan cara yang inovatif, orisinal, dan unik. Kreativitas merupakan kualitas yang penting bagi anak-anak untuk dikembangkan sejak dini. 

Tentunya ada cerita menarik di balik penemuan-penemuan yang dibuat anak-anak ini. Berikut adalah beberapa penemuan keren karya anak-anak yang langsir dari laman brainberries.co, Jumat (28/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kendaraan Salju

Seorang anak bernama Joseph-Armand Bombardier, pada usia 13 tahun, menciptakan kereta uap mainan dari jam meja, ia juga membuat mesin uap dari mesin jahit tua. Ketika dia berusia 15 tahun, ayahnya memberinya mobil tua Ford T yang rusak untuk mengalihkan perhatiannya dari menciptakan hal-hal yang dianggap "sampah tidak berguna". 

Namun, insinyur muda ini justru memanfaatkan mobil itu dengan baik. Beberapa hari kemudian, pada tahun 1920, dia berhasil membuat sebuah kereta salju mekanis dengan mesin dari mobil tersebut dan baling-baling di bagian belakang. Temuannya kini berkembang dan dikenal sebagai Snowmobile.

2. Play-Doh

Pada tahun 1912, seorang gadis sekolah memiliki ide untuk menggunakannya pembersih jelaga sebagai bahan membuat berbagai bentuk menarik. Bahan pembersih kimia kemudian dihilangkan dan ditambahkan pewarna. Hasilnya tercipta bahan yang lentur yang bisa dimainkan oleh anak-anak dan dikenal dengan sebutan Play-Doh.

3. Braille

Putra seorang pembuat sepatu, Louis Braille, mengalami kebutaan sejak usia 3 tahun. Ia menciptakan huruf khusus untuk orang buta ketika berusia 15 tahun. Pemuda Prancis ini mengadaptasi "huruf malam" yang digunakan oleh kapten artileri Charles Barbier untuk membaca pesan dalam kegelapan dan melakukan beberapa penyesuaian. Saat ini, Braille adalah huruf khusus tiga dimensi, di mana setiap huruf dapat dikenali dengan indra peraba.

4. Trampolin

George Nissen yang erusia 16 tahun adalah pencipta trampolin yang menjadi favorit para gymnast dan anak-anak. Sebelum tahun 1930, orang-orang belum memikirkan tentang jaring pengaman saat menggunakan trampolin.

3 dari 3 halaman

5. Es Loli

Pada usia 11 tahun, Frank Epperson secara tak sengaja menemukan makanan beku yang enak. Mulanya Frank mencoba membuat soda baru dengan sirup asli yang belum dipatenkan, sayangnya gagal dan meninggalkannya di luar semalaman. Pagi harinya, dia menemukan soda tersebut membeku dan menjadi es loli yang enak dan mudah dimakan. Frank mulai menjual es loli yang dikenal juga dengan nama popsicle setahun kemudian dan akhirnya mematenkan resepnya. Penemuan yang tercipta secara tidak sengaja ini membuatnya menjadi kaya.

6. Obat Anti-Singultus

Seorang gadis Amerika bernama Mallory Cuveman menciptakan obat baru pada usia 13 tahun. Resepnya sangat sederhana, menggunakan gula, cuka sari apel, dan permen biasa. Obat ini dinamai Hiccupops yang digunakan untuk mengobati cegukan.

7. Molekul Baru 

Seorang gadis berusia 10 tahun bernama Clara Lazen secara tak sengaja menciptakan molekul baru di pelajaran kimia. Dia menggabungkan oksigen, nitrogen, dan karbon dengan cara yang belum pernah terpikirkan sebelumnya hingga hari itu. Temuannya menjadi sorotan dalam artikel ilmiah.

8. Flippers

Benjamin Franklin menciptakan alat renang pertamanya pada usia 11 tahun yang kini dikenal sebagai kaki katak atau flippers. Namun saat pertama kali dibuat, alat itu bukan untuk kaki, melainkan untuk tangannya seperti dayung. Penemuan ini hanyalah salah satu dari banyak karya keren Benjamin Franklin, termasuk penangkal petir, kacamata multifokus, dan kompor Franklin.

9. Teknologi Anti-DUI

Vadym Khomich, remaja berusia 16 tahun dari Ukraina, menciptakan perangkat yang bisa memblokir mobil jika pengemudinya mabuk. Perangkat ini mengambil sampel udara yang dikeluarkan pengemudi sebelum mesin dinyalakan. Jika ada alkohol dalam sampel tersebut, mesin mobil akan diblokir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat