uefau17.com

6 Momen Acara Tujuh Bulanan Tiara Pangestika, Sakral dengan Adat Jawa - Hot

, Jakarta Pasangan YouTuber Arief Muhammad dan Tiara Pangestika kini sedang berdebar-debar menanti kelahiran buah hati. Di usia ketujuh kehamilan Tiara, keduanya menggelar acara tasyukuran 'Mitoni' atau biasa disebut 'Tinangkeban'. Hal yang sudah sangat jarang dilakukan oleh masyarakat.

Acara Mitoni biasanya digelar oleh masyarakat Adat Jawa. 'Mitoni' yang berasal dari kata pitu yang artinya ke 7, biasanya tradisi ini digelar untuk merayakan kehamilan tujuh bulanan. Tujuannya adalah agar nantinya proses persalinan bisa berjalan dengan lancar.

Dilansir dari akun Instagram Tiara Pangestika, ia mengungkapkan bahwa terdapat beberapa prosesi yang harus ia jalani selama acara. Pertama yakni sungkeman kepada kedua orang tua, hal ini dimaksudkan agar pintu maaf dibuka selebar-lebarnya, serta merupakan bentuk dari ucapakn terimakasih kepada orang tua yang telah membesarkan. Sungkeman ditujukan pula untuk meminta doa restu agar proses persalinan lancar.

Seperti saat menikah, ada pula prosesi siraman, pecah kendi, brojolan, belah cengkir, nyicip-nyicip uborampe, hingga prosesi pantes-pantesan. Dari semua prosesi yang harus ia jalani, menurut seleb cantik yang akrab disapa Tipang ini, prosesi pantes-pantesan adalah yang paling unik.

Dalam prosesi ini, calon ibu diharuskan untuk mencoba baju hingga 7 kali. Dengan berbagai warna dan motif batik yang berbeda. Kemudian bertanya kepada tamu yang datang, "Sampun pantes nopo dereng?" tulis Tipang dalam postingannya.

Bagi Arief dan Tipang, melakoni upacara adat mitoni bukanlah untuk unjuk pamer kepercayaan. Melainkan untuk melestarikan tradisi tanah kehaliran mereka. "Emang kalo bukan kita yang lestariin, siapa lagi?" tambah Tipang. Berikut merupakan momen prosesi upacara mitoni dari anak pertama Tiara Pangestika dan Arief Muhammad. Dihimpun oleh , Selasa (10/3/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Prosesi sungkeman saat Tipang dan Arief meminta maaf sekaligus minta doa restu agar proses persalinan lancar.

3 dari 7 halaman

2. Momen Arief menyiram Tipang menggunakan air kembang tujuh rupa

4 dari 7 halaman

3. Momen saat Tiara Pangestika dan Arief Muhammad mencicipi uborampe

5 dari 7 halaman

4. Potret Arief saat melakoni prosesi belah cengkir. Yakni membelah kelapa yang telah diukir dengan gambar tokoh wayang Kamajaya & Kamaratih.

6 dari 7 halaman

5. Prosesi 'Pantes-Pantesan', saat Tipang sebagai calon ibu harus mencoba 7 baju yang berbeda.

7 dari 7 halaman

6. Prosesi adat terakhir yakni calon ayah dan calon ibu berjualan dawet. Tipang melayani pembeli yang menggunakan koin keramik untuk transaksi pembelian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat