uefau17.com

Gadis 8 Tahun Jadi Pasien Kanker Paru-paru Termuda di China - Health

Seorang gadis kecil berusia 8 tahun di China mungkin menjadi pasien kanker paru-paru termuda di negara tersebut. Menurut laporan media pemerintah polusilah yang disalahkan.

Gadis yang tak disebutkan identitasnya itu berasal dari Provinsi Jiangsu, China. Ia sehari-hari tinggal di dekat dengan jalan tersibuk sehingga sering terkena partikel dan debu tingkat tinggi.

Laporan Departemen Kesehatan China pada 2008 menyebutkan, kematian akibat kanker paru-paru di China melonjaknya cukup mengejutkan yakni 465 persen dalam 30 tahun terakhir. Sehingga penyakit tersebut menjadi penyebab utama kematian di negara tersebut seperti diberitakan Xinhua, Kamis (7/11/2013).

Selain kanker paru-paru, kematian di China yang cukup tinggi disebabkan kanker hati, usus, payudara, dan kandung kemih, khususnya di daerah perkotaan. Di sana, perkembangan cukup pesat sehingga polusi meningkat drastis.

Bulan Lalu, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyatakan, polusi udara merupakan penyebab langsung kanker paru-paru dengan menyebutkan karsinogen lingkungan yang paling penting. Padahal, sebelumnya komponen dari udara yang tercemar seperti asap diesel dianggap sebagai karsinogen.

Masalah polusi udara di China cukup memprihatinkan. Dua minggu lalu, sekolah dihentikan dan bandara di timur laut Kota Harbin ditutup. Saat itu, indeks polusi udara mencapai tingkat 1.000 di beberapa bagian kota, jauh di atas ambang bahaya yakni 300.

Pada September China mengumumkan rencana pengurangan kabut asap yang bertujuan mengurangi partikulat sebesar 25 persen di Dataran China Utara dan mengurangi konsumsi batubara 65 persen pada 2017.

(Mel/Abd)


Terkini Lainnya

Tautan Sahabat