uefau17.com

Ibu Hamil Butuh Tenang dan Rasa Nyaman - Health

Setiap wanita yang akan melahirkan dan bayi yang baru lahir sangat memerlukan perhatian khusus. Rasa aman, nyaman, dan tentram dikelilingi orang-orang tercinta tentu sangat didambakan oleh setiap Ibu dalam menyambut buah hati tercinta.

Tidak sedikit wanita mengalami rasa takut dan tegang dari awal kehamilan sampai proses persalinan tiba. Ketenangan sangat mempengaruhi perkembangan janin, sehingga memperlancar dan mempercepat proses kelahiran normal.

Seperti yang diungkapkan spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah, Dr. Handi Suryana, Sp.OG dalam talkshow yang berjudul Safe and Comfortable Pregnancy , persiapan yang baik dapat mengendalikan rasa takut.

"Proses kehamilan, persalinan dan perawatan yang baru lahir harus dihadapi dengan perasaan tenang dan menyenangkan, persiapan yang baik dapat mengendalikan ketegangan, rasa takut selama kehamilan dan persalinan," papar Dr. Handi  seperti ditulis Senin (8/7/2013).

Hal ini dapat berpengaruh pada proses kelahiran secara normal, "Ketenangan berpengaruh sekali pada perkembangan janin saat dalam kandungan sehingga memperlancar dan mempercepat proses kelahiran normal," tambahnya.

Dr. Handi juga menyarankan agar beberapa hal seperti pelayanan Emergency untuk wanita hamil berisiko tinggi, ketersediaan tim kebidanan dengan sertifikasi khusus bersama dokter spesialis kebidanan yang senantiasa berada di ruang jaga selama 24 jam, tersedianya unit perawatan intensif NICU (Neonatal Insentif Care Unit) dan ruang bayi Intermediate untuk bayi yang memerlukan penanganan khusus juga perlu dipertimbangkan dalam memilih rumah sakit untuk bersalin.

“Persiapan sebelum hamil dapat meliputi pemeriksaan medik oleh dokter seputar riwayat penyakit dan keluarga, makanan, obat-obatan yang biasa dikonsumsi, riwayat kehamilan sebelumnya, serta masalah-masalah penundaan kehamilan setelah menikah," ungkap Dr. Handi.

Sedangkan persiapan selama kehamilan antara lain dengan mengikuti program-program yang disediakan rumah sakit, seperti program senam hamil, relaksasi ibu hamil, informasi nutrisi dan ASI serta program Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

Sebaiknya orang tua memilih fasilitas tempat persalinan untuk melahirkan dan perawatan bayi yang baik, aman, nyaman, menyenangkan, serta memenuhi standar kesehatan yang optimal.

“RSPI-Puri Indah menyediakan layanan yang bukan hanya sayang Ibu dan keluarganya, tapi juga bayinya berupa pelayanan rooming in atau rawat gabung.” jelas Dr. Handi.

(Mia/Abd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat