uefau17.com

Mengintip Modern Farming di Peternakan Ayam Probiotik, Pakai Teknologi Canggih untuk Atur Suhu dan Kelembapan - Health

, Cirebon Penerapan peternakan modern atau modern farming dalam budidaya ayam probiotik bertujuan untuk membantu agar ayam nyaman dan bahagia dengan cara yang canggih.

Head of Health Control Commercial Poultry Division JAPFA, Singgih Hujianto mengatakan kandang ayam modern dalam modern farming dilengkapi dengan berbagai teknologi dan sistem yang canggih.

"Kandang tersebut telah dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu dan ventilasi otomatis untuk memastikan kondisi lingkungan optimal bagi ayam," kata Singgih dalam kunjungan media ke kandang modern ayam probiotik JAPFA yakni Olagud di Desa Tonjong, Pasaleman, Kabupaten Cirebon pada Kamis, 18 Juli 2024

Fasilitas dan teknologi lainnnya mencakup automatic cooling system dan heater system serta exhaust fan yang membantu menjaga suhu tetap ideal di dalam kandang.

"Salah satu yang unik juga di modern farming adalah kita menerapkan automatic cooling pad system. Jadi memastikan bahwa bukan hanya suhu, tetapi kelembaban dan juga kenyamanan juga harus optimal supaya ayamnya senang," kata Head of Marketing Olagud, Priscillia Angelina.

Kebutuhan ayam akan suhu udara tergantung dengan ukuran besar ayam, semakin besar atau semakin bertambah umur ayam, maka mereka membutuhkan suhu yang lebih sejuk.

Ada juga teknologi automatic alarm system dan lighting system, guna memastikan ayam terhindar dari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Menariknya lagi, kandang modern ini juga dilengkapi dengan audio player yang memainkan musik klasik, dengan tujuan untuk membantu ayam lebih tenang dan terhindar dari stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakan Otomatis untuk Makan dan Minum Ayam

Selain itu, untuk makan dan minum ayam terdapat pakan ayam otomatis yaitu automatic feeder dan automatic nipple drinker.

Olagud memastikan ayam mendapatkan asupan pakan probiotik berkualitas sesuai dengan fase pertumbuhan, serta kecukupan air minum sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Angel mengungkapkan bahwa filterasi air juga merupakan salah satu prioritas penting, karena ayam suka minum air dingin atau air segar.

"Ternyata ayam itu suka minum air dingin. Jadi kalau airnya tidak dingin dan tidak segar, mereka malas minum, sehingga ini membuat filterasi air itu menjadi salah satu prioritas penting," ungkapnya.

Oleh karena itu, secara berkala akan diperiksa filterasi air dan rutin menggantinya, supaya airnya tetap segar dan higienis.

"Air yang segar sangat penting untuk pertumbuhan ayam. Kalau mereka suka minum mereka jadi rajin makan juga dan jadi lebih aktif dan sehat."

 

3 dari 4 halaman

Sistem Biosekuriti, Biar Ayam Enggak Ketularan Penyakit

Dalam penerapan konsep modern farming, Olagud juga menerapkan sistem biosekuriti yang menyeluruh untuk menjaga ayam tetap sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit.

"Kami mengutamakan penerapan biosekuriti yang menyeluruh, sehingga ayam-ayam akan terlindung dari patogen dan penyakit potensial lainnya," kata Angel.

Perempuan yang akrab disapa Angel ini mengatakan tujuan dari sanitasi dan kebersihan yang berlapis-lapis ini bertujuan untuk memastikan siapa saja yang masuk ke area tempat ayam tidak membawa kuman atau penyakit untuk ayam.

"Tujuannya adalah ini sebagai komitmen bentuk nyata kami, dengan menggunakan sanitasi yang berlapis ini kita memastikan siapa saja yang masuk ke area tempat ayam, tidak membawa kuman atau penyakit untuk ayam-ayamnya, jelas Angel.

Protokol biosekuriti berlapis ini diterapkan di seluruh area fasilitas kandang. Kendaraan, karyawan, dan juga tamu yang masuk akan memasuki fasilitas kandang modern ini akan disanitasi.

Hal ini diterapkan secara konsisten untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan aman dikonsumsi masyarakat.

Jadi, lingkungan di sekitar ayam hidup itu lebih sehat dan bisa terbebas dari penyakit atau kuman yang mungkin menempel di sepatu atau pakaian.

 

4 dari 4 halaman

Ayam-ayam Olagud Diberi Pakan Probiotik

Olagud meyakini bahwa semua makhluk hidup itu berharga dan penting, termasuk juga ayam. Oleh karena itu Olagud berkomitmen penuh untuk menciptakan kehidupan yang bahagia juga untuk ayam ayamnya.

"Jadi sebelum ayam-ayam itu dipotong untuk dikonsumsi, mereka juga harus memiliki kehidupan yang bahagia dan sehat. Maka dari itu dengan penerapan konsep modern farming ini, ayam-ayam Olagud disini diberi pakan probiotik," ujar Angel.

Angel menjelaskan pakan yang diberikan dan dikonsumsi oleh ayam mengandung probiotik atau bakteri baik yang bertujuan agar pencernaan ayam sehat, sehingga kehidupan mereka juga lebih sehat, sistem imun lebih tinggi, dan nutrisi terserap sempurna. 

Produk Olagud memiliki pengelolaan jaringan pasok yang terjamin dan aman dengan dilengkapi dengan berbagai sertifikasi kelamanan pangan seperti sertifikat kompartemen bebas AI (Avian Influenza), sertifikat NKV, sertifikat produk halal, dan penerapan issue management mutu ISO 2200, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), Food Safety System Certification (FSSC) 22000.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat