uefau17.com

5 Fakta tentang Bahan-Bahan Alami yang Diyakini Bisa Memutihkan Gigi, Salah Satunya Baking Soda - Health

, Jakarta - Gigi kuning sering kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri, sehingga banyak yang berusaha mencerahkan dan memutihkan gigi mereka.

Perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh makanan dan minuman sehari-hari seperti kopi, anggur, teh, saus pasta, dan kari, jelas Joyce Kahng, DDS, seorang dokter gigi berbasis di Orange County, California.

Selain itu, gigi putih juga bisa berubah warna akibat sejumlah faktor antara lain:

  1. Merokok.
  2. Penggunaan tembakau.
  3. Kebersihan mulut yang buruk.
  4. Obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan noda permanen di dalam gigi.

Ada dua jenis noda yang bisa muncul pada gigi, yaitu noda ekstrinsik dan noda intrinsik.

  • Noda gigi ekstrinsik adalah noda pada permukaan gigi, jelas Sam Jethwa, BDS, dokter gigi kosmetik terkemuka di Inggris di Bespoke Smile.
  • Sementara itu, noda intrinsik berada lebih dalam pada gigi.

Banyak orang kebingungan dengan banyaknya informasi yang salah tentang cara memutihkan gigi di internet, sehingga sulit untuk mengetahui apa yang harus dipercaya.

Memutihkan gigi dapat dilakukan secara efektif dan efisien melalui beragam pilihan perawatan. Namun, penting untuk memahami berbagai metode yang tersedia dan memastikan bahwa metode yang digunakan aman.

Dilansir dari Shape pada Rabu, 12 Juni 2024, pakar kesehatan gigi menjelaskan manfaat berbagai metode pemutihan gigi yang tersedia, serta potensi risiko dan faktor yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan cara terbaik untuk memutihkan gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda?

Banyak orang menggunakan kata kunci 'cara memutihkan gigi dengan baking soda' tanpa mengetahui cara kerjanya dan bahayanya.

Para ahli sendiri masih ragu tentang keamanan dan efektivitasnya. Sam menyarankan untuk menghindari solusi memutihkan gigi secara alami yang banyak ditemukan di internet dan media sosial, seperti TikTok.

"Meskipun soda kue dapat memutihkan gigi dan digunakan dalam beberapa pasta gigi, penggunaannya harus sangat spesifik. Jika digunakan secara langsung pada gigi, soda kue dapat merusak enamel," katanya.

Joyce juga tidak merekomendasikan penggunaan arang aktif untuk memutihkan gigi karena bisa bersifat abrasif pada enamel.

"Pada awalnya pasien akan menyadari bahwa giginya lebih cerah, tapi jika digunakan terus-menerus, enamel akan terkikis dan memperlihatkan lapisan kedua gigi, yaitu kuning," kata Sam.

Metode memutihkan gigi secara alami lainnya yang populer adalah oil pulling, di mana minyak kelapa atau wijen digunakan dalam mulut untuk meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan, termasuk memutihkan gigi.

Namun, Sam, mengatakan,"Tidak ada ilmu pengetahuan tentang oil pulling (untuk gigi yang lebih putih), tapi saya mendorong pasien untuk melakukannya jika mereka melihat hasil yang bagus dan selama mereka juga menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, tidak ada salahnya."

3 dari 4 halaman

Produk Apa yang Dapat Memutihkan Gigi?

Produk untuk memutihkan gigi secara alami banyak dijual bebas di luaran. Namun, sebelum kamu membelinya, cari tahu terlebih dahulu pro dan kontra tentang produk-produk yang dapat memutihkan gigi.

1. Pasta Gigi Pemutih

"Pasta gigi pemutih sebenarnya tidak memutihkan gigi sama sekali, tapi menargetkan noda di permukaan gigi dan membantu mencegah noda tersebut meresap ke dalam gigi," kata Sam.

Oleh sebab itu, ini adalah alat yang berguna, tapi bukan satu-satunya alat yang Anda gunakan jika Anda mencari pemutihan menyeluruh.

2. Strip Pemutih

Meskipun strip pemutih yang mengandung hidrogen peroksida mungkin bukan solusi terbaik untuk memutihkan gigi, tapi ini bisa jadi pilihan.

"Pilihan terbaik untuk perawatan di rumah adalah siapa saja yang ingin memperbaiki penampilan gigi mereka dengan cepat dan tanpa biaya dan kerumitan pergi ke kantor untuk melakukan perawatan," kata Kepala Petugas Klinis di SmileDirectClub, Jeffrey Sulitzer, DMD.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara agar Gigi Tidak Kuning?

Setelah menjalani perawatan pemutihan gigi, baik secara alami maupun profesional, mungkin kamu akan melihat gigi kembali ternoda secara perlahan.

Namun, kamu dapat memperlambat proses ini dengan mengikuti kebiasaan gaya hidup tertentu, seperti:

  • Untuk hasil pemutihan gigi yang berkepanjangan, Joyce menyarankan mengurangi paparan minuman dan makanan berwarna gelap, salah satu contohnya adalah kopi, guna mencegah pewarnaan ekstrinsik.
  • Biasakan membersihkan gigi dengan benang dan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang bersifat abrasif ringan hingga sedang.
  • Joyce tidak menyarankan penggunaan pasta gigi pemutih, karena sifatnya yang lebih abrasif.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat