uefau17.com

Jerawat Tak Hanya Merusak Kulit Tapi Juga Kesehatan Mental - Health

, Jakarta - Berjuang melawan jerawat secara terus-menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Jerawat yang sulit diatasi cenderung mengendalikan hidup Anda, bahkan membuat enggan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

"Saya juga memiliki jerawat yang sangat parah saat remaja, dan dampaknya terhadap hidup saya sangat signifikan," Ife Rodney, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur pendiri Eternal Dermatology Aesthetics di Fulton, Maryland, mengatakan kepada SELF.

"Saya sangat stres. Hal itu benar-benar mengacaukan harga diri saya,” kata Rodney.

Jerawat bukan hanya masalah remaja, tentu saja, tapi terlepas dari kapan atau bagaimana jerawat itu muncul, dampaknya tidak hanya pada kulit, tetapi juga pada mental. Dilansir dari SELF pada Senin, 22 April 2024, berikut adalah beberapa akibat dari jerawat yang dapat mengganggu kesehatan mental.

Jerawat dapat Menghancurkan Kepercayaan Diri

Rodney mengatakan bahwa banyak pasiennya yang berjerawat aktif atau memiliki bekas luka merasa tidak percaya diri dan malu dengan penampilan mereka.

Kesadaran diri ini bisa sangat kuat sehingga Anda mungkin menghindari untuk difoto saat liburan tahunan keluarga Anda di pantai, misalnya. Sebuah penelitian pada tahun 2011 bahkan menemukan bahwa orang dengan jerawat sedang hingga parah cenderung tidak memiliki hubungan romantis.

"Mengkhawatirkan kulit Anda mungkin tampak seperti kekhawatiran yang sepele, yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang merasa malu untuk membicarakannya," kata Rodney. Namun faktanya, jerawat ini memang memengaruhi kualitas hidup Anda, dan karena alasan itu, hal ini harus ditanggapi dengan serius.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jerawat dapat Menyebabkan Mengasingkan Diri dari Orang-orang

Anda mungkin berpikiran bahwa semua orang memperhatikan benjolan jerawat yang berwarna seperti daging atau bekas luka. Maka dari itu, kebanyakan beranggapan solusi efektif untuk menghindari tatapan yang tidak diinginkan, pengambilan foto yang berulang-ulang, atau tatapan tidak menyenangkan adalah dengan mengasingkan diri.

Mengurung diri di rumah sekali atau dua kali belum tentu merupakan tanda peringatan bahwa jerawat sedang merusak hidup Anda. “Namun jika menarik diri selama berhari-hari menjadi kebiasaan, ini berarti jerawat yang membandel itu mengendalikan pilihan dan keseharian Anda,” kata Shasa Hu, MD, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller, kepada SELF.

Bersembunyi dari dunia luar mungkin terlihat seperti cara yang tidak berbahaya untuk melindungi kesehatan mental Anda, tetapi penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat meningkatkan kesehatan mental dan harga diri. Berhubungan dengan orang yang Anda cintai dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan Anda terhadap kulit Anda.

3 dari 4 halaman

Jerawat dapat Membuat Depresi

Satu jerawat besar yang muncul sebelum presentasi kerja yang penting dan membuat suasana hati Anda buruk dapat membuat Anda merasa sangat sedih sehingga berpotensi mengalami depresi klinis.

Ada banyak bukti bahwa orang yang berjerawat lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan mereka yang tidak berjerawat (dua sampai tiga kali lebih mungkin, menurut sebuah penelitian).

“Hubungan ini masuk akal, karena tidak ingin dilihat atau membenci penampilan Anda merupakan beban emosional yang berat untuk ditanggung, dan dapat membuat tugas-tugas yang paling sederhana sekalipun terasa mustahil,” kata Hu.

Dalam kasus yang ekstrem, beberapa orang mungkin juga memiliki pikiran untuk bunuh diri, demikian hasil penelitian. "Saya memiliki banyak pasien yang datang dan mengatakan bahwa mereka telah mencoba segalanya-setiap produk, setiap dokter kulit, setiap resep obat. Jadi, mungkin ada perasaan putus asa ketika Anda merasa telah mencoba segalanya dan tidak ada yang berhasil," jelas Rodney.

4 dari 4 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Jerawat Merusak Kesehatan Mental?

Tidak mengherankan jika mengobati jerawat dapat membantu memperbaiki kulit dan suasana hati, oleh karena itu, mengunjungi dokter kulit adalah tempat yang tepat untuk memulai pengobatan.

Para ahli kuit dapat menilai jerawat yang dialami, merekomendasikan perawatan yang dijual bebas dan/atau dengan resep dokter, dan menawarkan ketenangan pikiran yang sangat dibutuhkan, kata Hu dan Rodney.

Ada beberapa cara untuk merasa lebih baik untuk sementara waktu, seperti menjauh dari cermin (terutama jika cermin tersebut memiliki kaca pembesar) adalah langkah pertama yang sangat baik, menurut Hu.

"Lebih berbahaya jika Anda berfokus pada setiap pori-pori dan titik hitam," katanya. Dengan kata lain, memfokuskan pada jerawat Anda dapat membuat masalahnya tampak lebih besar dengan lebih dari satu cara.

Apa pun yang Anda lakukan, cobalah yang terbaik untuk menghindari memencet benjolan untuk meratakannya atau menghilangkannya secepat mungkin.

“Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan dan menimbulkan bekas luka yang membandel, yang mungkin akan membuat Anda merasa lebih buruk,” kata Rodney.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat